72 Indonesian Inspiring Women 2017: Enny Hartati Sampurno Sales Director Unilever

Memimpin tim sales Unilever seluruh Indonesia yang didominasi pria menjadi passion dan gairah hidupnya selama ini. Dia optimis di tahun 2020 Indonesia akan menjadi negara nomor tujuh termaju di dunia.

 

Perjalanan yang panjang dengan Unilever telah dilalui Enny Hartanti Sampurno selama 26 tahun. Dia memulai kariernya sebagai management trainee bidang finance, kemudian berpindah-pindah ke bagian customer service, supply chain, HR, dan sales, hingga sejak tahun 2016 dipercaya sebagai Sales Director Unilever.

“Saya kemudian menyadari ternyata passion tertinggi ternyata lebih ke bagian sales dan sangat enjoy saat saya berinteraksi dengan operation team di lapangan. Pekerjaannya dinamis bergerak dari Sabang sampai Merauke. Saya harus memperhatikan pendistribusian semua barang Unilever di setiap toko yang ada, baik modern maupun traditional market. Jadi, barang kami harus available di setiap toko, dan tampilannya menarik. Tim saya 650 orang di urusan ini, jadi arahan yang jelas dan strategi mesti dipahami dengan baik. Saya harus memotivasi mereka bisa bekerja seiring dan seirama strategi perusahaan,” papar lulusan Accounting & Finance Universitas Parahyangan Bandung ini dengan penuh perhatian.

Perlambatan ekonomi juga dia rasakan dari mulai kuartal empat tahun lalu dan terus berlanjut sampai semester ini. Secara makro ekonomi semua bagus, tapi gairah berbelanja berkurang. Paling penting dilakukan saat ada situasi seperti ini menurutnya adalah mengevaluasi kembali apa yang sudah dilakukan sebelumnya dan membereskan kekurangannya.

Dia melanjutkan, ”Apakah setiap tim saya sudah melakukan eksekusi yang baik seperti menjangkau semua toko di Tanah Air. Saya percaya perlambatan ekonomi ini sifatnya hanya sementara dan kelak akan kembali tumbuh normal. Diprediksi negara kita pada tahun 2020 akan menjadi nomor tujuh termaju di dunia. Jadi, saat ini kita sedang mempersiapkan diri bagaimana menjadi global player.”

Sementara, dia mengakui di usia negara Indonesia yang sudah berusia 72 tahun ini kesempatan yang dimiliki wanita Indonesia sangat terbuka di berbagai bidang, asalkan kita mau meraih kesempatan tersebut.

Enny dinilai berhasil mengayomi para stafnya yang didominasi kaum pria. Baginya laki-laki dan perempuan sama saja, karena yang penting adalah kita harus bisa memimpin dengan baik, penuh perhatian, jelas dalam memberikan arahan dan solusi.

“Nah, hal yang kurang disukai kaum lelaki adalah perempuan memiliki sifat care yang kuat, jadi kadang suka mengulang. Jadi, kita harus bisa mengetahui kapan waktunya untuk berhenti. Tak kalah penting adalah teliti dalam hal pengecekan hasil kerja agar target, misi, dan visi perusahaan tercapai,” ujar ibu dua anak yang senang wisata gunung untuk me-release stres ini dengan nada optimis. Elly Simanjuntak | Dok. Pribadi

 

Women’s Obsession edisi Agustus 2017

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here