72 Indonesian Inspiring Women 2017: Handayani Director Consumer Banking BTN

Wanita anggun ini merupakan satu-satunya direktur perempuan di BTN. Dia mampu membuktikan dirinya cukup tangguh mengepalai biduk perusahaan bank pemimpin pasar kredit sektor perumahan.

Handayani memang baru bergabung di Bank Tabungan Negara (BTN) setahun silam, namun sosoknya cukup diandalkan jajaran direksi dalam memacu transformasi positif perusahaan. Di setiap tugasnya, dia konsisten sebagai influencer yang mendorong perwujudan dan penguatan digital banking.

Sebagai bagian dari perusahaan BUMN, dia berperan dalam mendukung program pemerintah, antara lain prioritas mensejahterakan rakyat, khususnya dalam menyiapkan kebutuhan rumah masyarakat berpenghasilan rendah.

Di bawah kendalinya, BTN mewujudkan upaya peningkatan pangsa pasar pembiayaan rumah (KPR) nasional. Meskipun, terjadi perlambatan ekonomi yang berdampak pada pertumbuhan kredit dan naiknya NPL perbankan nasional, BTN tetap mempertahankan tingkat pertumbuhan kredit tinggi dengan kualitas baik, ditandai dengan penurunan NPL secara konsisten. Kuartal I 2017 BTN mencatatkan laba bersih tumbuh 20% dibandingkan tahun lalu.

Dalam mengomandoi tim, Hanny—sapaan akrabnya—berupaya melanjutkan kinerja positif yang tercapai pada tahun lalu. Penghimpunan dana murah perseroan mencatatkan posisi di atas rata-rata industri perbankan nasional.

BTN pun memberikan fasilitas kemudahan pembiayaan rumah bagi karyawan beberapa universitas di Indonesia. Hal itu diharapkan menjadi membuka jalan untuk berbagai kerja sama di bidang bisnis properti. Dia pun berharap ini menjadi bekal untuk memberikan manfaat lebih luas bagi masyarakat.

“Pertumbuhan ekonomi yang terus menguat pada tahun ini, menjadi momentum bagi industri perbankan untuk meningkatkan bisnis. Apalagi, gencarnya pembangunan infrastruktur yang tengah dilakukan pemerintah juga akan mendorong pertumbuhan positif sektor properti,” jelas Hanny.

Memiliki karier cemerlang di bidang BUMN, siapa sangka dia ternyata berlatar belakang pendidikan kedokteran gigi. Dia meraih gelar Magister Management dari Universitas Padjajaran, Bandung dan pernah menjabat sebagai Director of Commercial of PT Garuda Indonesia serta Director Marketing PT AXA Mandiri Financial. Dia memang senang bergelut di bidang yang berhubungan dengan banyak orang.

Dalam menjalankan profesinya, ibu satu putri ini berprinsip memahami kemampuan dan keterbatasan diri, namun selalu mencari tantangan baru. Penggemar travelling ini pun ingin membuktikan bahwa wanita memang memiliki kompetensi memadai, ketika diberikan amanah untuk menempati posisi tertentu dan memberi performa terbaik.

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here