Pengecekan Keuangan Tengah Tahun

Masih ingatkah dengan resolusi yang Anda buat di awal tahun? Banyak dari kita yang membuat resolusi dalam keuangan. Beberapa contoh resolusi yang biasa dibuat pada awal tahun antara lain berjanji untuk disiplin menabung, berinvestasi rutin setiap bulan, membayar lunas cicilan, tidak menambah utang, dapat membeli aset baru, dan lain sebagainya.

Mengingat sudah setengah tahun berjalan, apakah resolusi Anda berjalan lancar? Mari, kita me-review terlebih dahulu perkembangan resolusi keuangan yang sudah tercapai. Apakah sudah berjalan sesuai dengan rencana atau belum?

Jika sudah, apakah harus ada adjustment? Jika belum, temukan hambatannya, sehingga dapat ditemukan solusi.

Adjustment atau penyesuaian terhadap rencana keuangan dapat berubah secara signifikan dalam waktu singkat, ketika terjadi hal yang tidak dapat diprediksi atau tidak diharapkan sebelumnya.

Contohnya adalah tanpa direncanakan Anda hamil anak kedua, pasangan kena di-PHK, pasangan meninggal dunia, rekan bisnis berbuat curang, dan lain sebagainya.

Jika Anda belum melakukan implementasi sama sekali, maka temukan akar permasalahannya. Apakah Anda kurang berkomitmen dengan perubahan finansial yang sudah direncanakan?

Ketika terus menunda untuk merencanakan keuangan, maka tanpa disadari 2016 akan berakhir tanpa ada peningkatan finansial yang didambakan. Tentu Anda tidak mau hal ini terjadi, bukan?

iStock_000016560141_Double

 

 

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan Women’s Obsession edisi Juli 2016

 

 

Rubrik ini diasuh oleh FARAH Dini Novita, BA (Hons), RFA, CFP

img_07361

Perempuan lulusan The University of Nottingham, Malaysia ini adalah Vice CEO dan senior konsultan keuangan independen Janus Financial. Perusahaan yang bergerak di bidang perencanaan keuangan individu dan bisnis.

Farah memiliki misi untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam merencanakan keuangan sejak dini.

Dia juga mempunyai blog khusus perencanaan keuangan dari 2010, www.fin-chick-up.com yang empat tahun kemudian dijadikan sebuah buku berjudul FINCHICKUP: Financial Check Up For Ladies.

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here