Bangunan Terbaik di 2017

Berbeda dengan dunia mode yang sudah bisa ditengok satu tahun ke depan, pemeringkatan atau penilaian terbaik di dunia arstitektur sama seperti pertumbuhan finansial yang baru bisa dilakukan di awal tahun berikutnya. Di permulaan 2018, kami memilihkan desain bangunan terbaik di mancanegara selama 2017. Tidak hanya memiliki konstruksi yang aman dan canggih, arsitektur yang menambah daya tarik tersendiri nilai suatu bangunan.

Lego House, Denmark

Mengusung konsep persegi empat selayaknya lego, bangunan ini menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Menyajikan karya-karya visual menarik keunikan arsitektur, Lego House membuat para tamunya nyaman berlama-lama di dalamnya. Lantai pertama dan kedua dibagi menjadi empat zona, yakni merah (kreatif), biru (kognitif), hijau (sosial), dan kuning (emosional). Keempat zona tersebut menciptakan berbagai pengalaman dan pembelajaran bagi anak-anak dan kita sebagai orang dewasa.

Napoli-Afragola Railway Station, Itali

Sebagai salah satu stasiun kereta api dengan kecanggihan terkini membuat Napoli-Afragola Railway Station menjadi yang utama di bidangya. Mempersiapkan kebutuhan dan mobilitas para penumpang, stasiun ini menjadi gerbang penyambut bagi para wisatawan yang bertandang ke Selatan Itali. Tidak hanya itu, stasiun ini juga bertugas sebagai penyambung jalur kereta dari wilayah Utara. Didesain oleh Arsitek Zaha Hadid, Napoli-Afragola Railway Station juga menjadi pusat pertukaran kunci untuk empat jalur kereta berkecepatan tinggi. Salah satunya adalah jalur Napoli-Roma yang bisa ditempuh kurang dari satu jam. Sederet skylight ditata melintasi atap gedung ini. Pemasangan tersebut bertujuan pancaran cahaya alami masuk ke dalam concourse.

Tianjin Binhai Library, Cina

Bangunan seluas 33.700 m² ini tidak hanya menjadi pusat kebudayaan, tetapi juga berfungsi sebagai perpustakaan. Berwujud auditorium bola dan rak buku bertingkat, Tianjin Binhai Library ini juga merupakan penghubung dari taman ke pusat budaya. Penataan buku disusun mulai dari dasar lantai hingga ke urutan paling atas deretan buku-buku tersebut membentuk sebuah bola raksasa. Desainnya menciptakan lanskap interior dan topografi yang menghias bagian dalam dan depan bangunan. Selain terdiri dari lima tingkat, tersedia area lounge, ruang pertemuan, kantor, komputer, dan audio. Bagi yang ingin menghirup udara segar di ketinggian bisa beranjak ke teras di puncak gedung.

Museum of the Human Body, Perancis

Menjadi salah satu museum yang menyajikan koleksi dan edukasi anatomi tubuh manusia, Museum of the Human Body di Perancis ini mengusung tema bergelombang. Konsep ini berfungsi untuk menciptakan ruang yang berkesinambungan. Tidak hanya mampu menyatukan antara alam dengan perkotaan, bagian atap museum ini juga berfungsi sebagai taman ergonomis. Banyaknya pepohonan memungkinkan pengunjung melakukan kegiatan olahraga atau berbincang hangat di tempat tersebut. Indah Kurniasih ǀ Istimewa

 

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan Women’s Obsession edisi Januari 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here