Varian Startup di Indonesia

Menetap di era digital, perkembangan startup ataupun ecommerce salah satu yang menjadi indikator tren bisnis di masyarakat. Variannya pun beragam menyesuaikan kebutuhan maupun keinginan dari berbagai lapisan masyarakat di era modern. Kesamaan poinnya terletak di dalam kemudahan mengakses lewat koneksi internet.

Tokopedia

Mendukung perkembangan para pelaku  usaha mikro, tokopedia.com sukses menjadi salah satu startup yang menjadi wadah bagi pemilik brand untuk bisa mendapat akses dengan mudah di Tokopedia. Menjadi salah satu yang mengusung model bisnis marketplace, perusahaan ini merraih penghargaan Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016. Tidak hanya menyediakan pakaian dan aksesoris, Tokopedia juga memungkinkan para pemilik usaha elektronik, perlengkapan otomotif, hingga pengisian pulsa telepon genggam dan listrik pun bisa membuka lapak dagang di sana. Memiliki banyak peminat, Tokopedia kini berhasil duduk di posisi 182 di situs Alexa.

 

Bukalapak

Memungkinkan tidak hanya perusahaan tapi juga perorangan untuk melakukan transaksi jual beli, Bukalapak menjadi salah satu startup marketplace terbaik di Indonesia. Kini Bukalapak telah mewadahi lebih dari 100 ribu pendual dengan 700 ribu barang. Menyediakan beragam kebutuhan pasar di dalamnya, Bukalapak sukses menduduki posisi 248 di situs Alexa. Salah satu prestasi yang ditorehkan Bukalapak adalah meraih dua penghargaan The Loyalty and Engagement Awards 2016 dengan kategori The Best Use of Consumer Insight/Data Analytics dan The Best Use of Mobile.

 

Traveloka

Berbasis di Jakarta, Traveloka mengelola pemesanan yang berfokus pada booking online tiket pesawat dan hotel. Memanfaatkan peluang pasar yang kian meningkat dalam hal booking online, Traveloka kini bertengger di posis i 3,583 di situs Alexa. Berlogo burung berwarna biru, startup yang satu berhasil duduk di posisi pertama kategori One to Watch dalam Top 50 Most Valuable Indonesian Brands 2016 yang dirilis WPP dan Milward Brown. Pada pertengahan 2017 lalu, Traveloka memngumumkan bahwa mereka mendapat suntikan dana sebesar US$500 juta atau sekitar Rp6,6 triliun. Salah satu perusahaan yang menjadi investor ialah Expedia. Inc.

 

Zalora Indonesia

Menyediakan beragam kebutuhan fashion pria dan wanita, mulai dari pakaian, aksesoris, sepatu dan masih banyak lagi, Zalora indonesia sukses menjadi salah satu startup pilihan masyarakat. Sejak awal pembuatan hingga dua tahun yang lalu, Zalora telah meraup laba lebih dari USD 63.5 triliun atau sekitar Rp 83 kuadriliun. Kini, target pasar Zalora adalah masyarakat potensial, yakni 600 juta orang di Asia Tenggara dan Australia. Ketenaran di kancah belanja online membuatnya menduduki posisi 12,416 di situs Alexa. Peningkatan kenyamanan berbelanja terus dilakukan Zalora, salah satunya adalah meluncurkan fitur pencarian katalog berbasis gambar. Pengguna hanya perlu mengunggah foto dan memasukkannya di akun Zalora. Indah Kurniasih ǀ Istimewa

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan Women’s Obsession edisi Januari 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here