Love of Lifetime

 

elderly-couple

 

Hubungan selalu harmonis meski usia pernikahan mencapai puluhan tahun adalah impian hampir semua pasangan yang telah mengikat simpul janji setia. Setiap pasangan ini telah memilih satu sama lain untuk saling menemani dan mencapai usia tua bersama-sama. Agar dapat selalu berbagi saat-saat paling bahagia dan melalui berbagai tantangan besar dalam hidup, penting untuk dapat menjaga cinta tetap menggelora.

Seperti dilansir laman Huffingtonpost.com, sejumlah pasangan yang telah menempuh usia perkawinan perak mengungkapkan beberapa hal yang selalu mereka lakukan untuk menjaga kehangatan setelah puluhan tahun mengukir waktu bersama, dan mengupayakan keintiman selalu terjalin.

 

Komunikasi Intens

Tatap kedua matanya saat berbicara dan beri reaksi senyuman atas ucapannya. Di tengah kesibukan, komunikasi juga dilakukan dengan meluangkan beberapa menit untuk bertelepon sekadar menanyakan makan siang setiap hari. Pasangan baru umumnya melakukan ini secara alami, tetapi sebaiknya kedua pihak tidak mengurangi intensitas komunikasi ini hanya karena hubungan telah berumur lama. Ini merupakan salah satu cara untuk menjaga romantisme tetap menyala.

 

Selesaikan Segala Masalah

Jangan pernah menghindari diskusi. Segera selesaikan masalah sekecil apapun, tentu dengan kepala dingin. Sebaiknya pasangan tidak membiarkan problema berlarut-larut dan menumbuhkan kekesalan. Sebanyak 53% pasangan usia 50-an di Kanada yang mengaku tidak pernah tidur dalam keadaan marah terhadap pasangan, membuktikan kadar kepercayaan dan ikatan emosi mereka semakin kuat.

 

o-HAPPY-OLD-COUPLE-facebook

Tunjukkan Hal Istimewa

Ekspresi cinta kadang dipahami sebagai hal yang hanya dilakukan mereka yang dimabuk asmara. Sebenarnya tidak juga. Setelah menikah bertahun-tahun, romantisme cenderung menjadi hal yang tidak diprioritaskan. Jangan ragu untuk mulai melakukan sesuatu yang tidak biasa dengan memasukkan unsur kejutan. Misalnya, menyelipkan catatan penuh ungkapan cinta dan terima kasih ke dalam sakunya, atau makan malam berdua dengan sajian menu kegemaran ditemani lagu-lagu favorit. Berikanlah perhatian pada minat satu sama lain dan tunjukkan ketertarikan. Tindakan yang didasari kasih membuat Anda akan selalu dirindukan dan menetap dalam ingatannya.

 

Tingkatkan Hormon Cinta

Ada banyak zat kimia di otak yang berperan dalam perasaan cinta dan keterikatan. Hormon oksitosin yang berperan dalam ikatan, kepercayaan, dan kasih sayang, dapat ditingkatkan dengan tindakan sederhana. Misalnya berpegangan tangan, berangkulan, saling memberikan usapan lembut, atau bersandar sambil menonton film bersama. Wanita biasanya memiliki kadar oksitosin lebih tinggi dibanding pria. Akan tetapi menurut sebuah penelitian, tingkat oksitosin pria bisa meningkat hingga 500 persen setelah bercinta. Seiring waktu, sedikit perubahan dalam hubungan bercinta adalah hal wajar bagi pasangan menikah puluhan tahun. Tetapi itu bukan alasan berkurangnya intensitas hubungan. Jarang bercinta akibat kesibukan bisa berakibat hubungan pasangan semakin berjarak dan mengurangi kedekatan emosi keduanya.

 

Menerima Satu Sama Lain

Jika selama bersama dengan pasangan, kita telah berhasil menjalani komitmen dalam hubungan yang tenang dan saling mendukung, melewati pasang surut kehidupan, membesarkan anak-anak, maupun melampaui target pencapaian karier, maka itu semua akan menjadi modal kuat untuk harapan lebih di tahun-tahun mendatang yang kian nyata tergambar. Cobalah untuk memaknai kembali tiap momen kebersamaan dan keberadaannya di sisi. Suami dan istri akan selalu memiliki kenangan bersama untuk diingat dan kembali tertawa. Pada titik ini, masing-masing telah sampai pada fase menerima pribadi satu sama lain secara utuh dan berupaya keras senantiasa saling menghargai sampai akhir usia. Angie Diyya | Foto: Istimewa

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here