Dwi Ria Latifa | Menjalani Berbagai ‘Peran’ dengan Nurani

Menjalankan nurani berpolitik dengan sepenuh hati, hingga saat ini adalah suatu hal yang harus selalu dilakukan oleh Dwi Ria Latifa. Jejak politik ibu empat anak yang biasa disapa Latifa ini dirintis berdekatan dengan riwayat gemilangnya di dunia advokasi Indonesia selama 27 tahun. Dia menjalani setiap amanah dengan ikhlas dan menetapkan tujuan yang pasti, yaitu untuk rakyat.

“Tidak ada yang perlu ditakutkan dalam politik, selama kita dituntun oleh hati nurani. Ibu saya menanamkan tiga hal dalam kehidupan, yaitu keberanian, kemandirian, dan harga diri,” ujarnya bersemangat.

Magister Ketahanan Nasional Universitas Gadjah Mada ini sejak 2014 ditugaskan sebagai anggota komisi III dari fraksi PDI Perjuangan, sekaligus anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen DPR RI. Ketenangan dalam bersikap diikuti ketajaman analisa, termasuk keunggulan pribadi perempuan yang hobi mengoleksi wastra Nusantara ini.

Perjalanannya di Senayan dimulai sejak tahun 2000, ketika dia menggantikan kurs Megawati Soekarnoputri yang terpilih menjadi wakil presiden Indonesia saat itu. Latifa pun
mengungkapkan rasa syukur, karena bisa belajar secara langsung kepada guru, sekaligus para inspirator dirinya. Nama-nama besar, seperti almarhum Taufik Kiemas, Abdurrahman Wahid, maupun Akbar Tandjung, Sabam Sirait, dan tentunya Megawati Soekarnoputri adalah para tokoh yang menurutnya sangat berperan dalam karier politiknya.

Dari sederet nama politikus senior negeri tersebut, dia berusaha mempelajari kedewasaan dalam berpolitik. Dengan teguh berprinsip untuk tidak takut berkata tidak atau benar, kalau hal tersebut sudah teruji informasinya dan diyakini sesuai dengan hati nuraninya. Elly Simanjuntak | Fikar Azmy

 

Wardrobe: Alleira, Shafira & Koleksi Pribadi
Hijab Styling: Eling Jati Wicaksanti dari Shafira
Makeup Artist: Ahmad Lala (0857 1050 9595)

 

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan Women’s Obsession edisi Februari 2018

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here