Rektor UT Ojat Sudrajat Terima Kepala Salut Poci Dina Mulyana

Universitas Terbuka (UT) Prof. Ojat Darojat, M.Bus., PhD mengatakan UT mendapat amanah dari pemerintah menggenjot Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi yang saat ini baru mencapai 31,8%. Adapun UT menargetkan APK tahun ini dan tahun depan 500 ribu mahasiswa hingga tahun berikutnya mencapai satu juta mahasiswa.

 

Hal itu disampaikan Ojat saat menerima kunjungan silaturahmi Dina Mulyana, Kepala Sentra Layanan Universitas Terbuka Poris Cipondoh (Salut Poci) Tangerang, di gedung Rektorat UT, Pondok Cabe, Tangsel, Banten. Pada silaturahmi yang berlangsung santai, Rektor UT menyambut antusias dan mengapresiasi Salut Poci tersebut. Ojat didampingi Wakil Rektor Rahmat Budiman dan Kepala Humas dan Hubungan Internasional Maya Maria.

 

BACA JUGA:

Royal Philips Umumkan Indonesia Future Health Index (FHI) 2022

Pencarian Putera-Puteri Maritim Indonesia

 

Ojat Darojat mengutarakan langkah yang telah dilakukan Salut Poci diharapkan dapat berkontribusi memajukan UT utamanya meningkatkan kuota mahasiswa UT ke depan. “Kami sambut positif dan antusias Salut Poci yang baru enam bulan berdiri telah menerima 100 mahasiswa baru. Kami harapkan terus meningkat pada tahun mendatang,” kata Ojat.

 

Melanjutkan penjelasannya, Ojat membandingkan dengan perguruan tinggi terbuka lain di luar negeri, seperti China sudah sangat tinggi APK-nya. Namun, di kawasan Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Thailand jumlah mahasiswa UT masih yang tertinggi. Namun, Ojat menandaskan kendati UT memiliki mahasiswa terbanyak di Indonesia, tetap menjaga dan meningkatkan kualitas.

 

 

Ojat Darojat yang menjabat dua periode Rektor UT (2017-2021 dan 2021-2025) ini menegaskan UT harus tampil berkontribusi memajukan kualitas pendidikan di mana pun warga Indonesia berada. Dia menyatakan keberadaan mahasiswa dan lulusan UT semakin diperhitungkan, contoh pada penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) banyak alumni UT. “Terdata di pemerintah pada penerimaan CPNS sebanyak 50%nya adalah para alumni UT yang diterima menjadi PNS,” tukas Ojat. 

 

Sementara Dina Mulyana dalam kesempatan itu menyampaikan kebahagiaannya bisa bergabung dalam keluarga besar UT. “Pada kesempatan baik ini saya selaku bagian dari UT berkomitmen menjaga nama baik UT dan menjunjung tinggi marwah UT. Kami siap melayani masyarakat dalam rangkaian meningkatkan pendidikan,” tambah Dina yang didampingi Dr. Muzahid Akbar Hayat sebagai Wakil.

 

BACA JUGA:

Burgreens Hadirkan GreenKind Sebagai ‘One Stop Healthy & Eco Living Solution’

Ribuan Peserta Antusias Ikuti MILO ACTIV Indonesia Race 2022

 

Muzahid Akbar menambahkan bahwa, “UT merupakan pionir pendidikan digital yg saat ini menjadi kebutuhan masyarakat banyak, tidak ada alasan untuk masyarakat tidak bergabung dengan UT.”

 

Lebih lanjut, Dina mengatakan pihaknya sedang menjalankan kerjasama dengan PT MAP dalam meningkatkan partisipasi peningkatan pendidikan untuk SDM-nya. “Alhamdulillah, kerja sama tersebut sudah berlangsung berjalan dengan baik dan lancar.” Dina berharap silaturahmi ini menjadi momentum baginya dalam menyokong kiprah UT di dunia pendidikan tinggi, khususnya di Salut yang dipimpinnys. “Semoga pertemuan baik ini dirahmati oleh Allah SWT dan memajukan kita semua. Aamiin ya rabbal Alamin,” tutupnya.

 

Indah | Dok. UT