FLEI ke-19 Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Menyambut kesuksesan gelaran Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) pada bulan Juni 2022 lalu, Panorama Media selaku event organizer memutuskan untuk kembali menggelar pameran bisnis terbesar di Indonesia ini. Berlangsung pada November 2022, acara ini mengusung tema ‘Limitless Opportunity’.

 

Dihelat dengan menggandeng Kamar Dagang & Industri Indonesia (KADIN) dan Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI) acara ini mempersembahkan ‘One Stop Solution for Business Opportunity Seekers’.

 

“Sejalan dengan program pemerintah dalam menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda, dan upaya pemerintah mendorong umkm naik kelas. Tahun ini kami menyediakan sejumlah program dengan tema-tema menarik seputar bisnis waralaba, lisensi dan peluang usaha lainnya.

 

Kami berharap program khusus ini dapat menambah wawasan baru, sekaligus memberikan update terkini seputar dunia waralaba agar dapat menumbuhkan pelaku usaha baru di Indonesia,” ujar Levita G. Supit selaku Vice Chairwoman Permanent Committee Franchising, Licensing & Network Marketing dari KADIN Indonesia.

 

 

Baca Juga:

Pertunjukan Musikal Karaeng Pattingalloang dan Dewi Sri di Gelaran B20

Bangkit Bersama untuk Indonesia Lewat Lomba Foto dan Anugerah Pewarta Astra 2022

 

Menonjolkan usaha milik para pelaku UMKM, acara ini menampilkan lebih dari 300 merek usaha waralaba, lisensi, pendukung usaha retail, dan berbagai peluang usaha lainnya. Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah, dan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif juga turut mendukung keberlangsungan ajang FLEI edisi ke-19 ini.

 

IMF (International Monetary Fund) merilis World Economic Outlook yang memproyeksikan bahwa di 2023, GDP Indonesia diprediksi mengalami pertumbuhan 5%. Melihat angka tersebut tentu membawa angin segar dan ketenangan tersendiri di tengah kekhawatiran masyarakat tentang resesi pada tahun 2023.

 

Royanto Handaya selaku President Director Panorama Media mengatakan, “Masyarakat Indonesia secara de facto tidak terlalu terpengaruh dengan isu resesi 2023. Alih-alih menahan pengeluaran konsumtif pada sektor sekunder yaitu gaya hidup & hiburan, justru kenyataan di lapangan menunjukan bahwa animo masyarakat ‘meledak’ semenjak fase pasca-pandemi. Hal ini di buktikan dengan padatnya beberapa gelaran festival musik maupun berbagai pameran di DKI Jakarta.”

 

“FLEI adalah pameran bisnis pertama dan satu-satunya yang saat ini merealisasikan Licensing dalam konteks yang sebenernya secara komprehensif baik dari sisi edukasi, dedicated pavilion, attractive showcase, brand collaboration, business matching corporate brand dan masih banyak sub-program lainnya dari segmen License ini,” tutup Rulief Harjianto selaku Project Manager FLEI XIX.