Beswan Djarum Kembali Hadirkan Pelatihan Nation Building

 

Selain menuntut kita untuk beradaptasi, pandemi juga mendorong kita membuka pikiran dan menjawab tantangan. Kemunculan Covid-19 mengajarkan untuk saling peduli dan berempati, serta memunculkan ide kreatif baru. Untuk itu, Beswan Djarum mengadakan kembali pelatihan Nation Building. Mengangkat tema “Merajut Asa, Bangkitkan Harapan”, diharapkan para pemuda dapat terus mewujudkan mimpi dan harapan mereka.

 

Abraham Delta Oktaviari, Program Manager Bakti Pendidikan Djarum Foundation, mengungkapkan melalui pelatihan soft skills, Nation Building,  generasi muda diajak melakukan sesuatu yang memberikan dampak baik bagi orang-orang sekitar. 

 

BACA JUGA:

Majukan Fondasi Bisnis Rintisan Lewat AKSI Perempuan

Dukung UMKM Kuliner Naik Kelas dengan Tingkatkan Kualitas

 

Secara konsisten Bakti Pendidikan Djarum Foundation menghadirkan pelatihan soft skill Nation Building. Tujuannya untuk menguatkan wawasan kebangsaan para Beswan Djarum (penerima program Djarum Beasiswa Plus) tentang makna serta hakikat bangsa dan kebangsaan. Melalui pelatihan ini, mereka diharapkan dapat belajar mengenali diri sendiri, merangsang kepedulian dan keingintahuan terhadap lingkungan sekitar. Hal ini akan mendorong para Beswan Djarum memiliki kesadaran terhadap pentingnya kemampuan adaptif, berpikir kreatif, inovatif serta memiliki empati terhadap orang lain, agar bisa bersinergi dan maupun berkolaborasi demi mendapatkan hasil yang lebih optimal.

 

Prof. Rhenald Kasali, Founder Rumah Perubahan, sekaligus Guru Besar UI yang menjadi salah satu pembicara mengatakan, “Sejak dahulu kala, generasi muda Nusantara telah tampil sebagai pelopor dalam memperjuangkan perubahan dan keluar dari belenggu penjajahan Belanda. Saat ini, di tengah belenggu pandemi, generasi muda juga perlu senantiasa bergerak dan berani maju, melintas rintangan.”

 

 

Dia juga menyarankan, agar jangan hanya melihat pandemi dari satu sisi yang tidak menyenangkan. Tapi lihatlah pandemi sebagai suatu kondisi yang menciptakan beragam kreativitas untuk berkarya. Untuk itu, program pelatihan soft skills seperti Nation Building, sangat baik dalam mendukung dan menginspirasi generasi muda lainnya agar mampu mewujudkan harapan dan ide-ide kreatifnya.

 

Arjuna Marcelino, Beswan Djarum 2021/2022 dan Founder Marsiajar.id menceritakan bagaimana pandemi menciptakan rasa bosan baginya sebagai seorang mahasiswa. Sempat menjadi mentor di sebuah lembaga pendidikan, tapi karena pandemi makin meningkat, banyak murid yang akhirnya keluar dari bimbingan belajar tempatnya bekerja. Dia pun terpaksa pulang ke rumahnya di Medan.

 

“Di sana, saya menemui adik-adik kelas yang kesulitan belajar karena sekolah tatap muka ditiadakan atau bimbel online belum cukup populer. Saya melihat adanya kebutuhan akan lembaga bimbingan belajar untuk membantu adik-adik kelas belajar tanpa biaya. Hal ini melatarbelakangi saya memutuskan untuk mendirikan marsiajar.id, sebuah pengajaran online (e-learning), berkolaborasi dengan teman-teman kuliah sebagai mentor guna membantu adik-adik kelas agar bisa belajar tambahan secara gratis. Mulai dari mata pelajaran Biologi, Matematika, dan mata pelajaran lainnya, bisa diikuti oleh para murid marsiajar.id setiap hari. Pandemi mengajarkan saya dan teman-teman di Marsiajar.id untuk bisa bermanfaat dan berbuat sesuatu bagi orang lain, meskipun pandemi membelenggu aktivitas kami.”

 

Pelatihan Nation Building Beswan Djarum 2021/2022 diadakan secara virtual dan diikuti oleh 520 Beswan Djarum dari seluruh penjuru nusantara. Tayangan Nation Building secara lengkap dapat dilihat di YouTube Djarum Beasiswa Plus.

 

Nur A | Dok. Beswan Djarum