Hadirkan Ratusan Insan dan Komunitas Industri Kreatif Ideafest 2022 Disambut Meriah

 

Sebagai gelaran komunitas kreatif Indonesia, Ideafest 2022 sangat dinantikan. Hadir dengan beragam program kolaborasi untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, tahun ini mengusung tema “Reality Re:defined”. Untuk itu, Ideafest bekerja sama dengan lebih dari 180 pelaku kreatif, lebih dari 30 komika, dan lebih dari 30 tenant kuliner dalam ratusan sesi dan puluhan experiential booth.

 

Program IdeaFest 2022 sendiri meliputi Conference, IdeaTalks, Utopia Blok:verse, IdeaFest Music, Lucu Fest, Hall of Makers, Manual Food Market, Litter by Litter, Your Voice Matters, Berani Bacot, NexSpace pada 24-27 November 2022 di Jakarta Convention Center (JCC). Co-Chairman IdeaFest 2022, Ben Soebiakto memaparkan bahwa melalui kolaborasi, komunitas kreatif di Indonesia dapat bergerak bersama untuk menciptakan karya yang berdampak bagi ekonomi negara dalam jangka panjang.

 

BACA JUGA:

IdeaFest 2022 Kolaborasi Kreatif Beragam Komunitas

IPEX 2022 Hadirkan Gebrakan Baru Talkshow Indonesia

 

“Setelah berhadapan dengan pandemi selama lebih dari dua tahun, kini dunia perlahan pulih dengan sendirinya, dan kami sadar kemajuan teknologi saat ini menjadikan kolaborasi lebih bebas hambatan. IdeaFest 2022 bermitra dengan berbagai komunitas dan program partners dalam upaya memperkenalkan berbagai inovasi terkini yang diprediksi akan menjadi bagian penting dari kehidupan bermasyarakat sehari-hari kedepannya pasca-pandemi. Sehingga setiap hal yang dihadirkan tidak hanya menarik, tetapi juga memiliki daya guna dan manfaat secara sustainable,” ucap Ben. 

 

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia turut mengapresiasi IdeaFest. Sebagai collaborative platform, ajang ini diharapkan dapat mendorong perkembangan industri kreatif yang saat ini memiliki persentase besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Saat ini, Kemenparekraf Indonesia memiliki 17 subsektor ekonomi kreatif yang sedang aktif berkembang. Kemenparekraf sendiri sedang mendorong upscaling, rescaling, dan yang paling penting newscaling.

 

 

“Kalau kita melihat dari data yang kita punya sekarang, sektor yang memberikan kontribusi terbesar ke ekonomi Indonesia, ekonomi kreatif menempati posisi ketiga. Oleh karena itu, gunakan IdeaFest 2022 untuk meningkatkan ekonomi kreatif Indonesia sekaligus peningkatan taraf hidup masyarakat. IdeaFest menjadi platform yang dibutuhkan saat ini untuk menghadirkan inovasi, adaptasi, kolaborasi untuk generasi Indonesia,” ujar Sandiaga.

 

Diselenggarakan selama empat hari, IdeaFest 2022 akan menghadirkan pengalaman lebih intim dengan pengunjung secara langsung. Perhelatan ini juga mengajak pengunjung membahas Web 3 dan aplikasi blockchain dalam ekosistem industri di Blok:verse serta mempersembahkan hiburan dari nama-nama terkemuka dalam panggung IdeaFest Music maupun Lucu Fest.

 

 

Tidak hanya insan kreatif Tanah Air, IdeaFest 2022 turut mengundang seniman kontemporer ternama asal Jepang, Takashi Murakami. Selain dikenal sebagai seniman dengan deretan karya dan kolaborasi bergengsi, dia juga merupakan pelopor dari Clone X - X Murakami. Pada gelaran IdeaFest tahun ini, IdeaFest menghadirkan sosok maskot metahuman bernama Drea sebagai host. Mulai hari ini, pengunjung akan disambut dengan teknologi mutakhir ini dan berkesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan Drea saat memasuki entrance utama dari IdeaFest 2022.

 

Selain berbagai program menarik di atas, IdeaFest 2022 juga mengajak pengunjung untuk re:cultivate potensi mereka dan re:connect dengan ratusan figur inspiratif melalui Conference dan IdeaTalks. Dalam gelaran Conference, IdeaFest 2022 mempersembahkan satu hari yang khusus mengajak pengunjung untuk untuk membahas berbagai fenomena terkini bersama para game-changer lintas industri di Indonesia. Di antaranya Aji Handoko, Cinta Laura Kiehl, Denica Flesch, Edward Tirtanata, Manoj Punjabi, Maudy Ayunda, dan Muhammad Sadad. 

 

Nur A | Dok. Ideafest