Berlibur di Negeri Salju

 

Salju adalah keajaiban menarik bagi penduduk negeri tropis seperti Indonesia. Saat sebagian besar orang-orang di negeri empat musim berlomba mencari matahari, kita bisa merasakan serunya berski di negara-negara di bagian utara bumi. Pegunungan Alpen Swiss telah lama menjadi buah bibir untuk ski Eropa yang mewah, tetapi mereka yang berpengalaman ski akan menuju lebih jauh ke utara, ke Norwegia.

 

Dianggap sebagai tempat ski “lahir”, Norwegia adalah salah satu destinasi yang memiliki banyak pilihan tempat untuk aktivitas memacu adrenalin ini. Pemandangan alam yang mempesona, medan pegunungan yang menantang, lereng landai untuk seluruh keluarga, dan jaminan salju abadi di beberapa resor, perjalanan ski ke Norwegia adalah pilihan tepat bagi penggemar olahraga musim dingin.

 

BACA JUGA:

Diskon Hingga 80% GATF 2022 Optimalkan Momentum Kebangkitan Pariwisata

Pesona Wisata Alam Australia Barat

 

Trysil

 

Terletak di perbatasan dengan Swedia, kota yang terkenal dengan resor skinya ini hanya berjarak sekitar tiga jam berkendara dari Oslo. Resor ski terbesar di Norwegia ini populer di kalangan keluarga, karena berada di dekat lereng-lereng salju. Tersedia pula sekolah ski, restoran dengan menu anak, taman bermain, seluncuran toboggan, dan lift terpisah. Terdapat sekitar 66 jalur ski di tiga sisi Gunung Trysilfjellet, kebanyakan cukup lebar dan tidak terlalu sulit.

 

Bagi Anda yang menyukai jalur sedikit menantang dapat mencoba freeriding di area terpisah untuk mengasah kemampuan melompat dan meluncur Anda. Para ahli ski biasanya langsung menuju Høgegga, tempat tujuh lintasan hitam curam berada yang dapat diakses dengan kursi gantung berkecepatan tinggi.

 

Merupakan resor ski tertua di Norwegia, lomba ski telah diadakan selama lebih dari 150 tahun di gunung berbentuk kerucut ini. Dengan lereng yang terhubung 360 derajat penuh, pemburu matahari dapat mengikuti sang surya sepanjang hari. Atau Anda bisa juga menikmati ketenangan bermain ski di lereng-lereng kaki gunung yang diteduhi pepohonan.

 

 

Myrkdalen

 

Resor ski ramah keluarga Myrkdalen berlokasi di Voss, sekitar dua jam dari Bandara Internasional Bergen dengan penerbangan langsung dari Kopenhagen, Amsterdam, atau London. Resor ski terlengkap di Norwegia Barat ini memiliki lereng dengan semua tingkat kesulitan, taman medan, lereng lintas ski, dan medan off-piste yang bagus. Salju yang bertahan dari November hingga Mei di sini cocok untuk ski cross-country yang sudah jadi tradisi.

 

Ada banyak gunung indah di sekitar Myrkdalen dan pengunjung bahkan bisa memulai langsung dari depan pintu penginapan. Gunung yang paling mudah diakses adalah Finnbunuten (1358 m), karena Anda bisa menambah ketinggian dengan naik lift Kari Traa dan berjalan sedikit ke puncak. Pada hari yang cerah, Anda dapat menikmati pemandangan gletser yang menakjubkan, seperti Hardangerjøkulen, Jostedalsbreen, dan Folgefonna. Di sisi lain lembah adalah Bjørndalskamben, gunung setinggi 1402 meter ini adalah yang tertinggi di Myrkdalen dengan pemandangan Dataran Tinggi Gunung Vikafjellet nan memikat.

 

 

Beitostølen

 

Masuk daftar ‘salah satu resor ski terbaik, Beitostølen memiliki dua area ski terpisah. Dua lereng diterangi lampu pada malam hari, memungkinkan pemain ski untuk melanjutkan petualangan mereka setelah matahari tenggelam di balik cakrawala. Jika Anda menyukai sesuatu yang berbeda dari ski Alpine biasa, Anda dapat mencoba cross country di jalan setapak yang tertata rapi di resor, yang membentang lebih dari 320 km. Resor tenang yang sangat damai di hari biasa ini merupakan pilihan bagus untuk perjalanan ski keluarga. Peski pemula akan menikmati kesempatan untuk melatih gerakan mereka di lereng yang sepi, sementara orang tua dapat mengawasi anak-anak, bahkan jika mereka bertualang solo.

 

Bosan bermain ski? Anda bisa merasakan salah satu hal paling unik yang dapat dilakukan di Beitostølen, dan salah satu yang menarik dari liburan musim dingin di Norwegia. Dog-sledding atau berkereta luncur ditarik sekawanan anjing husky tentu akan menjadi pengalaman tak terlupakan untuk dibawa pulang. Anda akan diajari cara mengarahkan kereta luncur sambil menikmati lanskap putih bersih.

 

 

Hemsedal

 

Dijuluki “the Scandinavian Alps”, Hemsedal diapit tiga puncak gunung dengan pemandangan menakjubkan, yaitu Puncak Totten, Tinden, dan Rogin. Berada di antara Oslo dan Bergen, daerah ini tidak hanya menjadi tujuan ski akhir pekan yang menarik bagi orang-orang Norwegia dan sekitarnya, tetapi juga peski maupun snowboarder professional. Beragam jalur, gradien curam, dan kehidupan malam yang mengasyikkan merupakan daya tarik Hemsedal.

 

Jika Anda berada di Hemsedal, jangan lupa untuk mengunjungi Lykkja dengan panoramanya yang sangat menawan. Anda akan menghentikan mobil berkali-kali, karena ada banyak tempat indah untuk dikunjungi dan dinikmati. Selama musim dingin, tempat ini akan benar-benar putih dengan beberapa rumah merah bermunculan dan akan sangat hijau di musim panas.

 

BACA JUGA:

Pesona Kota Seribu Sunset

Sensasi Elegan dan Tak Terlupakan

 

Geilo

 

Berada di antara dua taman nasional, Hallingskarvet dan Hardangervidda, Geilo memiliki lanskap menarik yang dapat dinikmati dari 39 piste-nya. Meskipun terletak di tengah lembah, tempat ini mempunyai bus reguler untuk mengantar Anda dari satu sisi lereng ke sisi lainnya. Dengan salju sepanjang November hingga akhir April, resor tenang ini terkenal dengan jalurnya yang santai, tempat para pemula dan anak-anak memperkuat dasar-dasar berski. Ada banyak kegiatan luar biasa yang ditawarkan di sini.

 

Berkeliling dengan kereta luncur anjing, memanjat es di air terjun yang membeku, atau menikmati perjalanan ditarik kuda-kuda kekar melintasi daerah bersalju. Rasakan pula sensasi bertualang dengan sepeda beroda besar, serupa dengan bersepeda gunung, tetapi dengan elemen tambahan yang baru dan menyenangkan. Dan jangan ketinggalan menjajal sledging di Dagali Fjellpark, yang berada di kaki Taman Nasional Hardangervidda.

 

 

Hafjell

 

Memiliki 19 lift dan lereng sepanjang 50 kilometer, resor Hafjell memenuhi standar olimpiade. Dengan salju yang bertahan sampai April, tempat ski ini dikenal sebagai salah satu tempat terbaik. Anda juga dapat mengunjungi Birkebeiner Skistadion, stadion ski lintas alam dan biathlon yang menjadi arena olimpiade untuk ski lintas alam dan biathlon, pada 1994 dan Youth Olympics 2016. Stadion ini adalah titik awal yang sempurna untuk perjalanan ke pegunungan, dan awal dari jaringan jalur lintas alam sepanjang 450 km. Memiliki trek yang cocok untuk orang dewasa dan anak-anak, diterangi lampu sorot sepanjang 5 km yang menyala hingga pukul 22.00 setiap malam. Fasilitas ini juga menawarkan area taman bermain bagi anak-anak kecil untuk bersenang-senang bermain ski.