IN2MF in Paris Gandeng 8 Desainer & Jenama Modest Fashion Indonesia

 

Paris adalah kota impian bagi para pencinta mode dunia, tak terkecuali para desainer modest fashion. Tahun ini untuk pertama kalinya, Indonesia Internasional Modest Fashion Festival (IN2MF) hadir di kota tersebut.

 

Merupakan event modest fashion terbesar di Indonesia, IN2MF yang diluncurkan pada Oktober 2022 diselenggarakan Bank Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI dan Indonesia Fashion Chamber (IFC).

 

Bertajuk ‘IN2MF in Paris’ acara ini mengintegrasikan kegiatan fashion show dan trade show B2B & B2C sebagai etalase produk modest fashion unggulan Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa produk-produk modest fashion Tanah Air siap merambah pasar global dari segi kualitas, kuantitas, inovasi bisnis, teknologi, maupun trend terkini.

 

Ditargetkan untuk mengakselerasi terwujudnya Indonesia sebagai pusat industri halal dunia, acara yang bertempat di The Westin Paris-Vendome, Kota Paris, Prancis, ini merupakan rangkaian dari Road to IN2MF 2024.

 

BACA JUGA:

Siap Tembus Pasar Global, Buttonscarves Beauty Dukung Desainer Indonesia di London Fashion Week

Rambah Pasar Eropa, Front Row Paris Bersinergi dengan IN2MF in Paris Boyong 21 Desainer

 

Pelaksanaan IN2MF in Paris diharapkan dapat menarik perhatian pasar Eropa untuk menghadiri event IN2MF yang menjadi bagian dari Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF). Forum kolaborasi bergengsi skala internasional bagi pengusaha dan investor syariah, termasuk modest fashion dari seluruh dunia, ini akan diadakan pada tanggal 25 hingga 29 Oktober 2023 di Jakarta, Indonesia.

 

“Dua aspek yang ditarget dari pelaksanaan IN2MF in Paris. Pertama, mempromosikan event IN2MF agar makin dikenal di kancah dunia. Kedua, membawa produk dan desainer modest fashion Indonesia ke Paris dengan mengedepankan wastra dan narasi tentang nilai-nilainya. Kita harus menggunakan strategi yang mendobrak ini agar modest fashion Indonesia dapat unjuk gigi dan bersaing dengan desainer global,” jelas Ita Rulina, Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia.

 

 

Mengusung tema ‘Weaving Sustainability into Modest Fashion with Wastra Indonesia’, IN2MF in Paris akan menampilkan keindahan wastra Indonesia dalam desain modest fashion yang inovatif, stylish, dan sustainable. Dengan mengangkat wastra dan budaya Indonesia melalui fashion, IN2MF in Paris diharapkan dapat memberikan pengalaman berbeda kepada industri fashion dunia.

 

IN2MF in Paris menghadirkan koleksi Spring-Summer 2024 dari lima desainer terpilih hasil kurasi dari program IKRA Indonesia. Di antaranya Syukriah Rusydi dengan tenun Aceh, Sanet Sabintang dengan batik Banyuwangi serta tenun dan batik Jember, Wening Angga dengan wastra Bali, yaitu songket Jembrana dan tenun Rang-rang, Thiffa Qaisty dengan wastra Melayu, yaitu tenun Riau dan songket Sumatera Barat, Anggia Handmade dengan batik Cirebon.

 

 

Turut berpartisipasi Dewan IKRA, Itang Yunasz dengan tenun Gringsing Bali dan songket Palembang, bersama desainer tamu, KHANAAN dengan tenun Garut dan batik Pekalongan, serta KAMI. dengan kain Endek Bali. Perhelatan ini turut didukung oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris dan Ivan Gunawan Cosmetics sebagai Official Make up Brand.