Sufmi Dasco Ahmad : Berbuat untuk Rakyat

Wakil Ketua DPR RI

 

Kiprah Sufmi Dasco Ahmad di dunia politik berawal dari kepeduliannya terhadap peningkatan kualitas kehidupan rakyat. Itulah salah satu hal yang membuatnya tergerak untuk ikut mengontribusikan jiwa dan raganya bersama Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) demi meningkatkan taraf hidup rakyat di segala bidang. Dia melabuhkan pilihan perjuangannya kepada Partai Gerindra karena sesuai dengan visi partai besutan Letjen (Purn) Prabowo Subianto itu yakni memperjuangkan dan menyuarakan kesejahteraan rakyat. Partai Gerinda juga memperjuangkan keadilan sosial dan tatanan politik negara yang berlandaskan pada nilai-nilai nasionalisme serta religiusitas dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang senantiasa berdaulat di bidang politik, berkepribadian di bidang budaya dan berdiri di atas kaki sendiri dalam bidang ekonomi.

 

Karena itulah, sejak dipercaya rakyat menjadi perpanjangan tangan dan lidah rakyat di parlemen, pria kelahiran 7 Oktober 1967 yang juga Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, ini tak pernah absen dalam setiap kegiatan kerakyatan khususnya di Daerah Pemilihan (Dapil) Banten III. Tak heran jika Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mempercayakan posisi strategis kepada Dasco sebagai orang dekatnya, karena Sufmi Dasco memiliki reputasi yang gemilang, seperti sukses memimpin Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI dan sekaligus sebagai Waketum Gerindra.

 

Selain itu, Sufmi Dasco selama ini juga dikenal sebagai politisi yang luwes menjalin komunikasi yang baik lintas partai dan cekatan mengambil terobosan. Salah satu terobosan Dasco adalah  kecepatannya membentuk Satgas Lawan Covid-19 DPR sejak awal pandemi. Legislator Dapil Tangerang Raya itu menggalang politisi lintas partai untuk mengucurkan bantuan kepada rakyat dengan biaya sendiri tanpa menggunakan anggaran negara. 

 

BACA JUGA:

Hadi Tjahjanto : Bangun Kepastian Hukum dan Pelayanan Terbaik bagi Masyarakat

Yoki Firnandi : Semangat Memberikan yang Terbaik

 

Dalam aktivitasnya membantu rakyat Sufmi Dasco selalu membangun komunikasi dua arah dengan konstituennya, serta menciptakan citra positif di benak masyarakat. Karenanya tak heran jika kiprahnya diapresiasi kalangan wartawan yang meliput di parlemen dengan menganugerahkan penghargaan “Koordinatoriat Wartawan Parlemen Award 2023” untuk kategori “Legislator Inspiratif dan Humanis”.

 

Menurut Konsultan KWP Awards, Pangi Syarwi Chaniago, salah satu alasan mengapa penganugerahan penghargaan ‘Pimpinan DPR Terpopuler’ ini diberikan kepada Sufmi Dasco Ahmad adalah kemudahan komunikasi yang dibangun Dasco dengan para wartawan. “Dia mudah dihubungi dan diwawancara teman-teman media, khususnya yang berada di bawah Koordinatoriat Wartawan Parlemen,” ucap Pangi ketika menjelaskan kriteria penilaian peraih penghargaan.

 

Tak hanya itu, dia juga dikenal sebagai anggota parlemen yang punya pemahaman mumpuni terhadap berbagai isu terkini, baik lokal maupun nasional. Pria berdarah Sunda ini dikenal vokal menyampaikan aspirasi masyarakat di Senayan. Saat memimpin rapat di DPR, dia juga sosok tegas yang tak segan memberi peringatan kepada anggota dewan yang tertidur di tengah rapat berlangsung.

 

 

Hal itu tak lepas dari sikapnya untuk memperjuangkan aspirasi rakyat yang disampaikan ke DPR RI. Tentu saja itu bukan penghargaan satu-satunya bagi Dasco. Karena sebelumnya penghargaan atas kinerjanya sebagai wakil rakyat diterima Sufmi Dasco dari berbagai kalangan.

 

Untuk itu, tak berlebihan jika menyebut Dasco sebagai salah satu aset Partai Gerindra setelah Prabowo Subianto, ketua umum partai berlambang kepala burung garuda tersebut. Pujian ini pernah dilontarkan Direktur P3S Jerry Massie, beberapa waktu lalu yang menilai, karier seorang Dasco cukup mentereng. Buktinya selain duduk sebagai Wakil Ketua DPR RI, Dasco dipercaya sebagai Ketua Harian DPP Partai Gerindra dan Ketua BAPILU Partai Gerindra. Semua itu, sambungnya, tak lepas dari loyalitas Dasco.

 

“Hingga saat ini belum terdengar isu miring tentang dirinya,” imbuh Jerry. Menurutnya Dasco juga merupakan figur potensial dengana grand strategy dan grand design untuk Indonesia. “Kepiawaian Dasco sudah teruji tinggal waktu yang akan menjawab. Kapasitas, intensitas, dan kualitasnya sudah teruji. Saya yakin dia tokoh Partai Gerindra yang akan bersinar di waktu mendatang,” prediksi Jerry.

 

 

Selain aktif sebagai politisi, Sufmi Dasco Ahmad juga dikenal sebagai akademisi. Bahkan dia dikukuhkan sebagai Profesor bidang Ilmu Hukum dari Universitas Pakuan, Bogor. Gelar tersebut semakin menempatkan posisi Dasco sebagai politisi yang akademis dan akademisi yang berpolitik. Sehingga sebagai seorang praktisi politik, Dasco bisa mewarnai landscape politik nasional dengan wawasan ilmu pengetahuan yang luas Memang, di dunia akademis Sufmi Dasco sudah sejak dahulu aktif menjadi dosen ilmu hukum di Universitas Pakuan, Bogor. Beliau juga menjabat sebagai Rektor Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI), Bandung.

 

Ketua Harian Partai Gerindra inu juga dikenal aktif berorganisasi. Banyak organisasi yang telah diikutinya di antaranya Serikat Pengacara Rakyat, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia, Satuan Relawan Indonesia Raya, dan Kongres Advokat Indonesia.

 

 

Kini, memasuki Pemilu dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 kesibukan pria yang juga salah satu pendiri Partai Gerindra ini tentu saja semakin meningkat. Selain berjuang, agar partainya sukses meraih suara dalam Pemilu legislatif, ia juga berjibaku agar kandidat Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang diusung Partai Gerindra bersama Koalisi Indonesia Maju mendapatkan dukungan rakyat. Ya, Sufmi Dasco harus bekerja keras, karena dipercaya sebagai Ketua Koordinator Strategis Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

 

Hal itu terbukti, begitu ditunjuk dalam komponen TKN dia pun langsung bergerak cepat menyosialisasikan sekaligus mengampanyekan pasangan Prabowo-Gibran ke seluruh daerah. Dia menggerakan pembentukan posko juang Prabowo Presiden. Dia optimis bersama koalisi Indonesia maju, pasangan Prabowo-Gibran akan mendapatkan dukungan rakyat. (Sahrudi | Dok. Pribadi)