Dukung Kemajuan Seni Tanah Air Hingga Sumbangkan Dana Untuk Pendidikan Seni di Indonesia

 

ArtMoments Jakarta 2023 sukses dihelat di Grand Ballroom Hotel Sheraton Grand Jakarta, Gandaria City pada 18 hingga 20 Agustus 2023. Acara ini menampilkan sebanyak 25 galeri seni nasional dan internasional.

 

Pembukaan ArtMoments Jakarta 2023 menampilkan upacara pemotongan bunga simbolis pada instalasi ‘Perjalanan: Bunga yang Bercerita’ karya seniman bunga terkemuka, Nina Nasution.

 

 

Baca:

Koleksi Kolaborasi UNIQLO: C Diluncurkan Serentak

Koleksi Peralatan Dapur Tabberas IKEA Terinspirasi Gerakan Mengolah Limbah Makanan

 

 

 

“Dengan hadirnya ArtMoments Jakarta 2023, kami ingin mendorong kemajuan yang signifikan bagi industri seni Tanah Air. Kami berupaya untuk memperluas apresiasi seni serta merangsang dialog budaya yang kaya dengan menyajikan karya-karya berkualitas dari berbagai perspektif. Dengan menjembatani interaksi antara seniman, kolektor, dan para pencinta seni, kami membuka jalan bagi lebih banyak pertumbuhan dan koneksi dalam lanskap kreatif,” ujar Sendy Widjaja selaku Co-Founder dan Fair Director of ArtMoments Jakarta.

 

Beberapa seniman dan haleri yang terlibat di gelaran kali ini, di antaranya seniman Jepang Miwa Komatsu (disajikan oleh Whitestone Gallery), Arkiv Vilmansa (G3N Project x Museum of Toys), Eko Nugroho dan Heri Dono (The Columns Gallery), Handiwirman (Gajah Gallery), dan Laksamana Ryo (Gallery Afternoon).

 

 

 

 

Tidak hanya itu, program publik ArtMoments Jakarta 2023 pun beragam, yakni mencakup diskusi panel dan lokakarya yang dikenal dengan sebutan Converse Moments dan Maker Moments.

 

Salah satu misi ArtMoments adalah menciptakan pameran yang lebih inklusif dan bertanggung jawab secara sosial, dan program Maker Moments tahun ini sekali lagi bekerja sama dengan Forum Keluarga Spesial Indonesia (FORKESI), yang akan menyelenggarakan lokakarya seni yang melibatkan anak-anak berkebutuhan khusus berusia 8-15 tahun.

 

Kegiatan lain yang tidak kalah menarik adalah lelang amal tahunan ArtMoments Jakarta. Dipimpin oleh Masterpiece, acara ini memfasilitasi penjualan karya-karya seni koleksi pribadi milik almarhum Leo Silitonga yang merupakan salah satu pendiri ArtMoments Jakarta.

 

Lelang ini bertujuan sebagai penghormatan terhadap warisan abadi Leo. Menariknya, hasil penjualan akan disumbangkan untuk program pendidikan anak-anak Museum MACAN. Selama ini, program tersebut telah merangkul berbagai sekolah, pendidik, dan komunitas di seluruh negeri untuk mengembangkan program pendidikan yang berfokus pada seni.