Dukungan PT Bank Pembangunan Daerah Bali Untuk UMKM

PT Bank Pembangunan Daerah Bali (Bank BPD Bali) adalah satu mitra yang baik bagi usaha mikro, kecil dan besar (UMKM). Bank ini ikut andil memajukan UMKM. Bank BPD Bali menjadi bank yang kuat, berdaya saing tinggi, terkemuka dalam melayani UMKM, dan berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah yang berkelanjutan.

 

Hal ini diwujudkan melalui penyaluran kredit kepada debitur UMKM pada Desember 2023 sebesar Rp10.268 miliar atau 48,54% dari total kredit yang disalurkan. Ini mengisyaratkan Bank BPD Bali telah menyalurkan kredit kepada UMKM melebihi dari ketentuan yang dipersyaratkan dalam Peraturan Bank Indonesia No:23/13/PBI/2021 tentang Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial Bagi Bank Umum Konvensional, Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah.

 

 

Baca Juga:

Rayakan Peran Perempuan, Häagen-Dazs Umumkan Pemenang ‘The Rose Project’

Tingkatkan Pengalaman Perjalanan, UOB X Garuda Indonesia Luncurkan Kartu Kredit

 

 

Dalam ketentuan tertulis penyaluran paling sedikit sebesar 25% pada akhir Juni 2023 dan posisi akhir Desember 2023. Pemenuhan rasio ini bersumber dari tercapainya penyaluran kredit KUR sebesar 100% dari target, yaitu sebesar Rp1.729 miliar.

 

Kepeduliannya yang besar pada UMKM itu mengantarkan Bank BPD Bali memperoleh penghargaan sebagai Mitra UMKM pada kategori perusahaan “Banking” dalam ajang UMKM SUMMIT Awards 2024 di Hotel Aston Priority Simatupang, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2024).

 

CEO OMG Nurbaiti Hisyam memberikan trofi penghargaan kepada perwakilan Bank BPD Bali. Tiga MKM Binaan Bank BPD Bali juga meraih penghargaan UMKM Binaan, yaitu UD Artha Dharma, Premi Jaje, dan Tenun CagCag.

 

 

 

 

Acara tersebut diselenggarakan oleh Obsession Media Group (OMG). Pemberian penghargaan melalui UMKM SUMMIT Awards 2024 ini bertujuan untuk mendorong perkembangan ekonomi lokal, memotivasi pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka agar dapat menjadi pilihan yang utama pelanggan Indonesia dan menembus pasar global melalui basis digital dan berkelanjutan.

 

Penetapan pemenang UMKM SUMMIT 2024 setiap kategori dilakukan oleh Dewan Juri dari OMG Editor Club bekerja sama dengan Indonesia Research and Survey (IReS). Selain pemberian penghargaan juga digelar seminar dengan tema “UMKM Sebagai Motor Penggerak Perekonomian Nasional” yang terbagi lagi menjadi empat subtema, yaitu “Inovasi dan Pertumbuhan UMKM yang Berkelanjutan”, “UMKM Muda Go Global, Kendala &  Solusinya”, “Melalui Digital UMKM Naik Kelas”, dan “Mitra UMKM Dukung Usaha UMKM menuju Go Digital, Go Global & Go Green.”(Arif RH | Dok. OMG)