Kartini Inspiratif 2024 | Mariani Solihah: Lead by Example dan Selalu Beri Dukungan

Direktur & Chief Distribution Officer Allianz Utama Indonesia

Selalu bekerja dengan passion dan mendedikasikan diri untuk pekerjaan yang digeluti, Mariani Solihah mengawali karier di Allianz Utama Indonesia pada tahun 2012 sebagai Head of PA Travel & Health. Dia pun betah menggeluti bidang ini, hingga akhirnya diamanahi menjadi Direktur & Chief Distribution Officer. Bukan tanpa alasan, dia menuturkan bahwa Allianz adalah perusahaan yang menjunjung kesetaraan.

 

Tidak dibeda-bedakan dalam segala aspek pekerjaan, membuat Mariani dipercaya sebagai salah satu manajemen senior perempuan di perusahaan. Tidak hanya itu, kesetaraan juga semakin terbukti dengan terbukanya peluang dan kesempatan bagi perempuan untuk menunjukkan kapabilitasnya dengan menghadapi challenge setara lewat role dan scope of responsibility yang dijalani. Berdasarkan data yang dimiliki Allianz Group pada tahun 2023, komposisi antara karyawan perempuan dan laki-laki berada pada posisi berimbang. Sebanyak 43% karyawan Allianz di seluruh dunia adalah perempuan dengan kesetaraan hak yang seimbang antara keduanya.

 

 

 

Baca Juga:

Kartini Inspiratif 2024 | Wida Yulianita: Utamakan Komunikasi dalam Teamwork

Kartini Inspiratif 2024 | Lisa Tjokro: Komitmen dalam Karya dan Kreativitas

 

 

“Perusahaan kami mendukung kemajuan atau kesempatan bagi perempuan untuk menduduki posisi leadership. Hal ini karena Allianz memegang budaya kesetaraan yang fokus utamanya adalah kualitas dan kemampuan seseorang (inclusive meritocracy) dalam bekerja dan menjadi seorang pemimpin yang dapat mengembangkan timnya semaksimal mungkin,” tuturnya kepada Women’s Obsession.

 

Memegang prinsip untuk berani dan terus memiliki mimpi maupun cita-cita, Mariani yakin dengan itu kita sudah selangkah lebih maju menuju apa yang dicita-citakan, jika selalu memegang keduanya. Dia juga selalu berusaha untuk tidak pernah menyerah dan bergantung kepada orang lain dan berusaha untuk menjadi the best version of herself. Selain itu, salah satu yang selalu dijaga olehnya adalah terus memberi dukungan penuh dalam bentuk guidance, coaching dan mentoring untuk bisa melakukan apa yang diharapkan dari masing-masing role secara maksimal kepada semua tim yang ada di bawah kepemimpinannya.

 

Menurutnya, menjalin komunikasi merupakan kunci penting. Tidak hanya itu, baginya menjalin kerja sama yang baik antartim juga harus dicapai, agar bisa meraih hasil pekerjaan yang maksimal. Perempuan yang gemar mendengarkan musik ini menjelaskan, “Pekerjaan chief distribution officer itu bertanggung jawab terhadap beragam saluran distribusi dengan karakteristik yang berbeda-beda. Selain itu, cakupan tanggung jawab yang diemban saat ini, tentunya semakin meluas lagi terutama dari sisi mengelola tim yang lebih besar dengan role beragam. Tentunya, semua ini dapat dijalani dengan dukungan penuh dan kerja sama yang baik antartim di Allianz Indonesia.”

 

 

Baca Juga:

Kartini Inspiratif 2024 | Novita Yunus: Bawa Batik Ke Kancah Internasional

Kartini Inspiratif 2024 | See Mun Suparno: Jatuh Cinta Pada Dunia Pendidikan Anak

 

 

Di sisi lain, selain disibukkan dengan pekerjaan, Mariani juga selalu meluangkan waktu dengan keluarga dan teman-temannya. Untuk bisa mencapai work life balance dia selalu mengatur porsi aktivitas kesehariannya secara tepat dan seimbang, know your priorities in life adalah kunci baginya. Bahkan, dia mengatakan menjaga keseimbangan keduanya memiliki seni dan kemampuan tersendiri yang harus terus dipelajari.

 

Sementara, jika berbicara tentang batik, Mariani merupakan salah satu anak bangsa yang begitu mencintai warisan budaya yang satu ini. Tidak ingin hanya menjadi pengagum dan menyimpannya di lemari, dia juga kerap menggunakannya dalam berbagai kesempatan. Baginya, setiap helai wastra Nusantara memiliki makna filosofis yang begitu dalam.

 

Wastra Nusantara mencerminkan kepercayaan, kehidupan sehari-hari, dan bahkan mitologi lokal. Ini membuatnya bukan hanya sekadar kain, melainkan juga sebuah kisah hidup. Dia menuturkan, “Alangkah baiknya kita tidak hanya sebagai pengagum, tapi juga menjadi pelaku yang aktif dalam merawat dan mengembangkan keunikan batik Indonesia.”