Pusat Perbelanjaan Unik di Dunia

Pusat perbelanjaan terkadang tidak hanya disambangi untuk membeli keperluan semata. Tapi juga menjadi destinasi untuk menghilangkan penat. Berisikan beberapa tempat makan hingga kafe, tak jarang masyarakat menghabiskan waktu untuk bersantai di pusat perbelanjaan atau mal. Selain menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang, mal juga acap kali mengusung tema atau desain interior yang unik untuk menarik minat masyarakat. Berikut beberapa pusat perbelanjaan terunik di dunia versi Women’s Obsession.

 

West Edmonton Mall (Kanada)

Berbeda dengan mal kebanyakan, keunikan yang dapat ditemukan di pusat perbelanjaan ini adalah World Waterpark sebuah pulau buatan indoor yang dihuni beberapa ekor singa laut. Tidak hanya itu, fasilitas ini juga menyediakan beberapa arena seluncur berbagai bentuk. Di mal ini terdapat lebih dari 800 toko dan jasa pelayanan, termasuk 110 tempat makan. Dalam pembangunannya menghabiskan dana sekitar US$1,2 miliar. Dibuka pada 15 September 1981, West Edmonton Mall (WEM) juga menjadi shopping mall yang terbesar di Amerika Utara dengan lahan seluas 490.000 meter².

 

Cityland Mall (Dubai)

Menyatukan pusat perbelanjaan dengan taman menjadi keunikan Cityland Mall yang dibangun Cityland Group di Dubai. Didirikan di komplek taman botani dengan luas lebih dari 18.500 meter persegi, mal ini menjadi pusat perbelanjaan dengan taman bunga terluas di dunia. Di taman tersebut ditanami pula beberapa pepohonan langka dan dihadirkan sungai buatan. Tidak hanya memiliki taman bunga yang sangat luas, mal juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas supermodern senilai US$400 juta atau sekitar Rp5,8 triliun. Termasuk di dalamnya rooftop garden dan penggunaan air limbah daur ulang untuk mengaliri kebun agar ramah lingkungan.

 

Villagio Mall (Qatar)

Dibangun di lahan seluas 360.000 meter², pusat perbelanjaan ini memiliki sebuah sungai indoor sepanjang 150 meter. Tak hanya menjadi pemandangan, sungai tersebut bisa dijelajahi oleh para pengunjung dengan sebuah gondola layaknya di Venesia. Nuansa kota terapung pun dibuat persis dengan sungai berwarna kebiruan. Selain itu, di pusat perbelanjaan yang diresmikan pada 7 Juni 2006 ini juga terdapat pula wahana roller coaster hingga arena hoki es.

 

Siam Paragon Mall (Bangkok)

Hal yang menjadi keunikan mal ini adalah adanya sebuah akuarium tempat pengunjung dapat berjalan kaki menikmati keindahan bagian dalamnya dari sebuah terowongan bawah air. Dihuni oleh ribuan spesies ikan yang menawan, fasilitas yang satu ini dinobatkan sebagai aquarium terbesar di Asia. Terletak di jantung kota Bangkok, mal ini memiliki luas setara dengan 2,5 juta kaki persegi. Menjadi salah satu yang termewah di sana, pengunjung bisa menemukan berbagai produk ternama, seperti mobil mewah dari Maserati.

 

Mall of America (Minnesota)

Berdiri di atas lahan sebesar 78 lapangan sepak bola Amerika, atau sekitar 882.550 meter², pusat perbelanjaan yang satu ini memiliki sederet fasilitas luar biasa. Salah satunya adalah taman Nickelodeon Universe Theme Park. Selain itu, ada pula akuarium raksasa yang dapat menampung 1,2 juta galon air dan dihuni berbagai jenis ikan. Mal ini juga menyediakan kapel pernikahan yang dilengkapi dengan taman hiburan. Fasilitas lain yang dapat dijumpai, yakni lapangan golf hingga simulator penerbangan.