NFT Termahal di Dunia

Non Fungible Token (NFT) saat ini tengah ramai diperbincangkan setelah seorang remaja asal Semarang, Jawa Tengah, berhasi menjual foto selfie-nya di OpenSea.

 

Swafoto milik Sultan Gustaf Al Ghozali atau yang lebih dikenal dengan Ghozali Everyday dibanderol dengan harga paling tinggi 66.346 RH atau setara dengan Rp3,1 triliun.

Tidak hanya Ghozali, sebenarnya NFT telah ada sejak tahun 2014 silam. Untuk mengetahui NFT mana saja yang berhasil terjual dengan harga fantastis, berikut beberapa NFT termahal di dunia.

 

THE MERGE

 

Duduk di posisi pertama sebagai NFT termahal di dunia, 'The Merge' buatan seorang seniman digltal bernama Pak. Karyanya yang satu ini berhasil terjual dengan nilai US$ 91,8 juta atau setara dengan Rp1,31 triliun.

 

'The Merge' resmi menjadi NFT termahal ketika sukses terjual dengan harga fantastis pada 2 Desember 2021 lalu di Nifty Gateway. Pak sendiri dikenal sebagai seniman di dunia digital dengan sederet karya ikonik.

 

THE FIRST 5000 DAYS

 

NFT 'Everydayz: The First S000 Days' merupakan kolase gambar milik Michael Joseph Winkeimann atau yang lebih dikenal sebagai Beeple. Dibuat setiap hari, kolase tersebut berisi berbagai gambar yang dibuat sejak Mei 2007 hingga tahun 2020 lalu.

 

NFT ini terjual dengan harga US$69,3 juta atau setara dengan Rp991 miliar pada 11 Maret 2021 silam. Dipasarkan di rumah lelang Christie', NFT yang satu ini dibeli oleh investor cryptocurrency Singapura.

 

HUMAN ONE

 

Masih dari seniman yang sama, yakni Beeple, 'Human One' berhasil terjual pada November 2021 seharga US$28,9 juta atau setara dengan Rp413 miliar.

 

Tidak hanya masuk dalam jajaran NFT termahal, karya ini juga menjadi salah satu yang terunik. 'Human One' adalah desain hybrid yang menggabungkan elemen fisik.

 

Berbentuk patung seukuran manusia terbuat dari aluminium yang dipoles, kayu mahoni, dan empat layar video yang menciptakan resolusi total gabungan 16K.

 

CRYPTOPUNK #7523

 

CryptoPunk #7523 merupakan seni avatar digital yang merupakan koleksi terlangka ketiga di dunia. Karya ini merupakan satu dari sembilan avatar di seri Cryptopunk Alien.

 

Menjadi satu-satunya yang menggunakan masker membuat NFT Ini memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berhasil terjual dengan harga fantastis. 'CryptoPunk 7523' terjual dengan harga US$11,75 juta atau setara dengan Rp168,02 miliar.

 

Menduduki posisi keempat dalam penjualan NFT termahal di tahun 2021, 'CryptoPunk #7523' dibuat oleh duo pengembang yang berbasis di Kanada Larva Labs.

 

CRYPTOPUNK #3100

 

Masih dari seni avatar digital CryptoPunk yang dibuat oleh Larva Labs, 'CryptoPunk 3100' berhasil terjual dengan harga tak kalah fantastis.

 

NFT yang satu Ini dijual pada 11 Maret 2021 sebesar US$7,8 juta atau setara dengan Rp108 miliar. Menggambarkan alien yang mengenakan ikat kepala, 'CryptoPunk 3100' menduduki posisi ketujuh CryptoPunk paling langka di dunia.