Gummy Bear Di Setiap Kanvas

Gelaran Art Moments Jakarta (AMJ) 2022 kembali berlangsung dan kali ini berlokasi di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta. Digelar selama tiga hari, pameran tahunan ini menampilkan ribuan karya seni dari 40 galeri asal Indonesia dan mancanegara.

 

Dari sekian banyak perupa yang menampilkan hasil karyanya, Andry Boy Kurniawan ikut serta memamerkan koleksi lukisan bertajuk ‘Contemporary Yesterday’. Lukisan-lukisan yang dibawa oleh Galeri Zen1 tersebut merupakan karya kontemporer yang menggambarkan karakter-karakter pop art. 

 

Keunikan dari lukisan yang dipamerkan adalah kemunculan gummy bear warna-warni di semua kanvas yang terpajang. Selain itu, semua karakter yang ditampilkan hanya memiliki mata dan tanpa mulut yang membuatnya seperti berekspresi datar. Meskipun demikian, sang perupa dengan piawai membuat gestur berbeda yang akhirnya dapat mewakili apa yang dirasa. Seperti gembira, bertanya-tanya, ketakutan, dan lain-lain.

 

Salah satunya adalah karya yang berjudul ‘Know It's Only Rock & Roll, But I Like It’. Dibuat dengan warna-warna cerah, kanvas tersebut menampilkan karakter yang menggunakan kostum, seperti Pak Ogah, Unyil, Usro, dan Meilani, yang berada di atas panggung bersama para personel Rolling Stones. Di lukisan ini, gummy bear berada di depan panggung seolah menjadi penonton.

 

 

Selain itu, di sudut lain ruang pameran terdapat lukisan ‘Moon Landing’, menampilkan visual astronot yang tampak menginjakan kaki di bulan. Di sekelilingnya, terdapat beberapa karakter berukuran kecil yang mengenakan busana berbeda-beda. Ada yang memakai pakaian khas masyarakat Jawa, ada pula pria yang menyampirkan sarung di pundaknya, dan lain-lain. Di sini, gummy bear kembali muncul di tengah bendera yang tertancap.

 

Berada tepat disebelah ‘Moon Landing’, tampak lukisan berjudul ‘Proklamasi’ yang menampilkan dua sosok penting bagi momen proklamasi kemerdekaan Indonesia, yakni Soekarno dan Mohammad Hatta. Menggunakan baju kecokelatan, keduanya tampak berbincang ditemani minuman hangat yang mengepulkan asap. Tidak lupa, gummy bear muncul di sekelilingnya. Di bagian belakang, salah satu yang menarik adalah pigura di dinding menggambarkan deretan superhero yang membawa bendera merah putih.

 

Sebagai kurator Rizki A. Zaelani menilai lukisan yang ditampilkan Andry Boy Kurniawan merupakan bagian dari permainan waktu. Karya-karya tersebut menggambarkan penilaian hidup yang dapat dipetik, karena menampilkan kondisi masa kini dan lampau dalam kanvasnya.