MarkPlus Conference 2023 Prediksi Dinamika Industri Tumbuh Positif

 

Setelah dihelat secara online pada dua tahun terakhir, acara pemasaran terbesar di Asia, MarkPlus Conference 2023 kembali hadir secara OMNI. Dilakukan melalui zoom dan offline di The Ritz Carlton, Jakarta, Pacific Place, acara diadakan selama dua hari, pada 7-8 Desember 2022. Bertajuk Recovery to Reform, from Jakarta to The World, ajang tahunan ini diikuti ribuan insan marketing.

 

Diawali Deklarasi ASEAN Caucus Declaration 2022 oleh Roger Wang, Permanent Chairman of AMF-ASEAN Caucus, acara dilanjutkan pidato pembuka oleh Hermawan Kartajaya, Founder dan Chairman M Corp. Ahli pemasaran ini mengemukakan materi yang berjudul ‘Recovery to Reform: ASEAN’.

 

BACA JUGA:

Stellar Women Rise Conference Berikan Kesempatan Perempuan untuk Upskilling

Muslim Life Fair Bandung Gandeng 230 Pelaku Bisnis Produk Halal

 

Membawa semangat era pemulihan, MarkPlus Conference 2023 hari pertama dimulai dengan talkshow bertajuk The Foundations of Recovery. Menghadirkan sejumlah pembicara dari Amazon Web Services, Indosat, Samsung, MobileOptima, dan masih banyak lagi. Dibahas pula bagaimana perusahaan dituntut untuk semakin kompetitif, dan strategi yang akan terus digulirkan oleh perusahaan maupun institusi. 

 

 

Tahun 2023 diprediksi masih akan dilanda inflasi dan konflik Rusia versus Ukraina. Permasalahan rantai pasok yang masih mewarnai dibahas dalam sesi Enhancing Capacity dan Integrating Value Chain dalam ASEAN Marketing Summit-8, sebagai rangkaian dari MarkPlus Conference hari pertama.

 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas membuka konferensi pemasaran MarkPlus Conference 2023, pada 8 Desember 2022 di The Ritz-Carlton Jakarta. Dia menyampaikan, “Dilema reformasi birokrasi tengah dihadapi pemerintah saat ini. Birokrasi di Indonesia harus lebih berdampak, lincah, dan cepat.” 

 

 

Selain itu, dia juga mengatakan para pegiat industri tetap perlu optimis di tengah konflik makroekonomi yang ada. Hal ini didasarkan pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masuk lima terbaik dari negara G20. Rupiah pun masuk jajaran mata uang berkinerja terbaik di Asia.

 

Hal senada disampaikan Ignasius Jonan, Dewan Juri Marketeer of the Year. Menurutnya kita bisa mewujudkan prediksi Bloomberg, agar Indonesia menjadi kekuatan keempat ekonomi dunia. Karena adanya perubahan generasi yang lebih egaliter. Sementara Fathema Djan Rachmat, Dewan Juri Marketeer of the Year, mengutarakan tentang reformasi dan crash program untuk mengatasi kekurangan dokter spesialis dalam negeri.

 

BACA JUGA:

Chillax Sudirman, Area Hangout Baru Jakarta

Bantu Brand Lokal Garuda Indonesia Berkolaborasi dengan Button Scarves

 

Pada konferensi hari kedua ini dilakukan penyerahan penghargaan Marketeer of The Year Indonesia 2022 (MOTY). Penghargaan bergengsi yang menjadi wujud apresiasi MarkPlus Corp bagi individu maupun praktisi bisnis yang sukses membuat terobosan pemasaran di tengah disrupsi ekonomi selama setahun lalu.

 

 

Tak hanya itu, MarkPlus pun memberikan penghargaan Government Entrepreneurial Marketing Award dan Islamic Entrepreneurial Company Award. Anugerah tersebut diberikan kepada institusi dan daerah yang sukses mengimplementasi CIEL (Creativity, Innovation, Entrepreneurship, dan Leadership).

 

MarkPlus Conference juga menghadirkan beragam aktivitas menarik yang dapat dinikmati pengunjungnya. Acara tersebut dimeriahkan dengan adanya 38 booth dari berbagai institusi, selfie booth 360°, photowall, serta yang tak kalah menarik, yaitu WOW to NOW Live Concert bersama HIVI di penghujung acara MarkPlus Conference 2023.

 

Nur A | Dok. MarkPlus