Kampanye Sosial Softex Lewat Film Pendek Ana & The Red Wings

Softex meluncurkan film pendek berjudul ‘Ana & The Red Wings’ dalam kampanye sosial untuk mendukung UNICEF Indonesia. Kampanye ini menjadi sebuah upaya mematahkan stigma buruk tentang pengalaman menstruasi.

 

Tidak hanya itu, diharapkan dengan adanya gerakan ini mampu mewujudkan kesadaran publik terhadap pentingnya akses kesehatan serta kebersihan menstruasi di Indonesia Timur.

 

Di sisi lain, film pendek ini merupakan aspirasi bagi para para remaja putri Indonesia untuk menerima momen menstruasi pertama dengan lebih siap dan percaya diri. Simbolisasi ‘Red Wings’ yang ditekankan Softex pada film ini, melambangkan tanda pendewasaan.

 

 

 

 

Kadir Gunduz selaku Presiden Direktur PT Softex Indonesia mengatakan, “Kami sangat senang dapat bekerjasama kembali dengan UNICEF Indonesia. Sebelumnya, program ini telah membawa dampak positif bagi remaja putri di daerah Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur.

 

Kami berharap kemitraan ini dapat membangun kesadaran masyarakat tentang masalah seputar Manajemen Kesehatan Menstruasi (MKM) serta meningkatkan kesejahteraan remaja di wilayah Indonesia Timur. Inisiatif ini juga merupakan dukungan nyata kami terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB 2030.”

 

 

Baca Juga:

Sambut Hari Perempuan Sedunia, Tokopedia Dorong Pelaku UMKM Perempuan Miliki NIB

Grant Thornton Indonesia Suarakan ‘Women Empower Women’

 

 

 

Menurut data dari Profil Sanitasi Sekolah 2022 yang dipublikasikan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bersama UNICEF, sebanyak 52% sekolah di Indonesia memiliki fasilitas toilet perempuan dan akses kebersihan menstruasi yang kurang layak.

 

Dalam upaya mengatasi isu tersebut, Softex melalui Kimberly-Clark Foundation memberikan bantuan sebesar Rp15 miliar kepada UNICEF Indonesia untuk program penyediaan akses fasilitas air bersih, sanitasi, dan kebersihan yang mempertimbangkan aspek kesetaraan gender dan inklusi sosial serta meningkatkan kualitas hidup remaja putri di Indonesia melalui promosi dan edukasi tentang kesehatan dan kebersihan menstruasi.

 

 

“Kurangnya pemahaman tentang kesehatan dan kebersihan menstruasi dapat mengganggu kinerja remaja putri di sekolah dan seringkali menjadi penyebab stres dan rasa malu yang tidak perlu. Dalam kasus yang jarang terjadi, bahkan dapat menyebabkan kehamilan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, pengetahuan yang benar tentang menstruasi penting bagi remaja putri dan juga laki-laki,” tutur Gregor Henneka, Direktur Penggalangan Dana dan Kemitraan, UNICEF Indonesia.

 

Sejak tahun 2019, Softex terus mendukung UNICEF Indonesia melalui kampanye sosial #DariSaudari. Kampanye ini telah berkontribusi menjangkau 44.000 remaja putri dan 1.327 sekolah di Indonesia Timur dan mengkomunikasikan perilaku hidup bersih dan praktik manajemen kebersihan menstruasi di Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.