Gencarkan Kemitraan Strategis untuk Tumbuhkan Potensi UMKM

 

Dengan kembali menggeliatnya dunia usaha, para pelaku ekonomi siap menyongsong peluang baru. Tjufoo, brand aggregator yang mengusung misi Indonesia First, turut menggencarkan kemitraan strategis bersama sejumlah brand lokal menuju scalable growth.

 

Menyusul empat brand yang telah bergabung di bawah ekosistemnya, Tjufoo memperkenalkan dua brand baru, yakni Dapur Cokelat dan Muscle First. Sebelumnya ada ACMIC jawaranya produk mobile accessories, Granova sebagai salah satu top of mind untuk healthy snack, Cypruz sebagai produk wajan anti-gores favorit ibu muda, hingga Dew It yang populer sebagai skin care vegan pilihan perempuan aktif.

 

BACA JUGA:

Kodaline & Lauv Muncul di Line Up Fase 1 Soundrenaline 2023

Warna-Warni Semangat Bulan Suci Ramadan

 

Kegigihan Tjufoo memberdayakan brand lokal di Tanah Air mendapat apresiasi Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Dia mengungkapkan pentingnya sinergi pemain industri bersama dengan pemerintah dalam memberdayakan pemuda di sektor kewirausahaan.

 

“Partisipasi anak muda, dalam kewirausahaan adalah salah satu fokus utama saya di Kemenpora. Kami mengapresiasi peran Tjufoo dalam merangkul semakin banyak anak muda yang berkiprah dan memperkuat fundamental bisnis brand-brand lokal bisnis di sektor kewirausahaan. Saya yakin, dengan kolaborasi, sinergi dan komitmen bersama antar pemangku kepentingan di lingkup pemuda, kami optimis dapat meningkatkan indeks pembangunan pemuda nasional di tahun 2024,” tutur Dito dalam acara Buka Puasa Bersama Tjufoo pada Kamis (6/4/2023) lalu.

 

 

TJ Tham, Co-Founder & CEO Tjufoo, mengemukakan persoalan yang kerap dihadapi brand lokal. Kurangnya investasi terhadap tim yang berpengalaman dan biaya operasional yang sering kali hanya untuk short term, sehingga tidak fokus pada keseimbangan bisnis untuk jangka panjang. Persoalan lainnya adalah belum banyak brand yang menggunakan data untuk membuat keputusan bisnis untuk hasil yang efektif.

 

Menurut Silvano Christian, CEO Dapur Cokelat, expertise dan ekosistem yang kuat menjadi alasan utama Dapur Cokelat bergabung dengan Tjufoo. “Kami harus agile beradaptasi terhadap perubahan preferensi konsumen yang semakin digital-savvy. Inilah mengapa kami memilih bergabung dengan ekosistem Tjufoo, karena kami melihat beberapa manfaat yang ditawarkan dan support yang diberikan, seperti expertise dan skill yang dibutuhkan brand untuk dapat tetap mengikuti tren terkini,” tuturnya.

 

 

Brand suplemen kesehatan Muscle First menambahkan bahwa tidak ada satu orang pun yang dapat menguasai semua bidang. Bermitra dengan tim yang ahli dapat membantu brand menerapkan best practices di industri untuk keberlanjutan bisnis.

 

“Pada tahun-tahun pertama kami memulai Muscle First, kami melihat pertumbuhan bisnis yang signifikan dan cukup cepat. Ini tentunya adalah hal yang sangat positif, namun kami perlu memastikan pertumbuhan ini berkelanjutan,” kata Sally Varsly, Founder Muscle First.