Dorong Fashion Lokal, Tokopedia Gelar Tokopedia Fashion Market

Mendorong pertumbuhan produk fashion lokal, Tokopedia resmi mengadakan Tokopedia Fashion Market yang berlangsung selama lima hari. Gelaran ini berlangsung secara offline mulai tanggal 7 hingga 11 Februari 2024 di Mall Kota Kasablanka dan secara online pada 19-29 Februari 2024 di situs maupun aplikasi Tokopedia. 

 

“Data internal Tokopedia mencatat sejumlah produk mengalami transaksi tertinggi sepanjang 2023 di kategori fashion Wanita, antara lain jam tangan, sandal dan tas. Sedangkan pada kategori fashion Pria, yaitu t-shirt, sneakers dan tas,” ujar Aldhy Darmayo selaku Head of Fashion Category Development Tokopedia.

 

Tingginya permintaan masyarakat akan produk fashion terlihat dari tren belanja online di Tokopedia. Tercatat bahwa fashion menjadi salah satu kategori produk yang paling laris sepanjang tahun 2023.

 

Sejumlah wilayah mengalami peningkatan transaksi produk fashion tertinggi melalui Tokopedia. Antara lain di Raja Ampat (Papua Barat), Yahukimo (Papua Pegunungan) dan Puncak Jaya (Papua Tengah) dengan rata-rata kenaikan hampir dua kali lipat.

 

“Tokopedia Fashion Market memberikan panggung khusus bagi brand fashion lokal untuk meningkatkan awareness hingga penjualan,” tambah Aldhy.

 

Turut hadir pada momen pembukaan acara Tokopedia Fashion Market, Head of Marketing merché, Zein Witriandani, menuturkan, “Pada acara ini, merché menghadirkan dua tas terlaris dan viral, yaitu Alice Tote Bag dan Bree Backpack, serta berbagai penawaran menarik, seperti diskon 50 %, voucher Rp20.000 dan harga spesial Rp100.000 pada jam-jam tertentu.”

 

Didirikan Tari Puji Lestari pada tahun 2017, merché sendiri memiliki spesialisasi di bidang tas sehari-hari. Namun sekarang telah berkembang ke produk lain, seperti apparel dan essential items seperti lanyard dan dompet. 

 

 

 

 

 

Kata merché berasal dari 'mercy' yang berarti kebaikan dan 'merci' yang berarti bersyukur. Maka merché ingin menghadirkan rasa terima kasih dan berkah untuk setiap produk yang dihadirkan.

 

Bersamaan dengan dibukanya Tokopedia Fashion Market secara offline, Tokopedia meluncurkan fitur terbaru 'Ambil di Tempat' untuk mempermudah pengunjung mengambil produk yang dibeli melalui penjual toko online, yang membuka booth di bazaar Tokopedia Fashion Market, secara langsung

 

Pengunjung dapat menggunakan fitur ini dengan sangat mudah: (1) pilih produk yang ingin dibeli di booth offline, (2) scan QR code yang tersedia di masing-masing booth offline, (3) di halaman checkout, pilih pengiriman 'Ambil di Tempat' , (4) pilih metode pembayaran dan lakukan pembayaran, (5) setelah pembayaran berhasil, pembeli bisa langsung mengambil pesanan secara offline di booth.