Inisiatif Benihbaik.com & Kemdikbud-Ristek Inspirasi dan Edukasi Gen-Aktif

 

Meskipun persentase penduduk berumur 15-19 tahun yang merokok turun menjadi 9,98% pada 2021, jumlah perokok anak sudah sepatutnya menjadi perhatian bersama dan membutuhkan kerja sama semua pihak. Salah satu hal yang saat ini dipandang berkontribusi sebagai penyebab anak dan remaja merokok ialah tingkat stres dan tekanan yang dirasakan seiring dengan kondisi pandemi. Anak dan remaja yang bersekolah dan beraktivitas dari rumah mengalami keterbatasan ruang interaksi sosial dan pilihan kegiatan.

 

Mengawali tahun 2022, BenihBaik.com meluncurkan program GEN AKTIF, yang merupakan singkatan dari GENerasi SehAt dan KreaTIF. Komitmen ini bertujuan mendukung pemerintah dalam menginspirasi, mengedukasi, dan mengajak remaja untuk meningkatkan kualitas diri serta membangun gaya hidup sehat, salah satunya dengan tidak merokok. Didukung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek) RI, program ini akan diimplementasi di tiga provinsi, yaitu DKI Jakarta, Yogyakarta, dan Jawa Barat selama Februari hingga Juli 2022.

 

 

Tidak hanya menargetkan siswa-siswi SMP, SMA dan sederajat, program ini juga menyasar guru dan tenaga kependidikan, serta orang tua. Sekitar 1.200 siswa siswi SMP, SMA dan sederajat, 360 tenaga pendidik dan staf sekolah, serta 840 orang tua diharapkan dapat terlibat dalam program ini. Berbagai kegiatan olahraga, edukasi gaya hidup sehat, kampanye media sosial #KamiGENAKTIF, serta peningkatan kapasitas tenaga pendidik dan keluarga melalui berbagai lokakarya edukasi.

 

BACA JUGA:

Kampanye Ramadan in Style Tokopedia Bangkitkan UMKM Fashion Lokal

Komitmen Nestlé Tingkatkan Kesetaraan Gender

 

Dalam peluncuran GEN AKTIF Andy F. Noya mengatakan, “BenihBaik.com sebagai organisasi yang telah dipercaya oleh jutaan masyarakat dan berbagai perusahaan sebagai jembatan kebaikan, dengan bangga meluncurkan program GEN AKTIF pada awal 2022 ini., dimulai dengan hidup sehat dan kreatif, salah satunya dengan tidak merokok.”

 

 

Khusus di wilayah DKI Jakarta, selain didukung oleh Kemdikbud-Ristek RI, BenihBaik.com juga merangkul Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) DKI Jakarta, serta Komunitas Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) DKI Jakarta untuk memperluas dampak positif dari program ini. Selain itu, pada tahun 2022 ini, BenihBaik memperoleh dukungan dari PT HM Sampoerna Tbk. yang mempunyai visi yang sama dalam pelaksanaan program GEN AKTIF.

 

Selain peran sekolah, keluarga khususnya orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung generasi muda Indonesia sehat, kreatif, dan berkarakter. Ketua PKK DKI Jakarta, Fery Farhati Ganis, memberikan apresiasinya terhadap program GEN AKTIF. “Mewakili komunitas PKK DKI Jakarta, kami melihat program GEN AKTIF yang diinisiasi oleh BenihBaik.com sebagai program yang bermanfaat, bukan hanya bagi anak, namun juga orang tua. Kami mengajak para orang tua untuk turut menyukseskan program GEN AKTIF di DKI Jakarta ini.”