Koleksi Raya 2022 Sapto Djojokartiko

 

Ramadhan tahun ini Sapto Djojokartiko kembali menghadirkan koleksi spesial yang menjadi pelengkap perayaan hari raya. Lahirnya koleksi ini menjadi sebuah ruang untuk memaknai dan merefleksikan arti bertransisi dan bertransformasi di era normal baru bagi sang desainer.

 

Dipamerkan dalam Trunk Show private viewing dengan konsep open house, Sapto mengeluarkan tiga koleksi berkesinambungan, yaitu Ramadan One-Off Collection 2022, Eid One-Off Collection 2022, dan Saptojo Insimul. Diluncurkan lebih awal, Ramadan One-Off Collection 2022 menghadirkan nuansa koleksi lebih kasual dengan menggunakan bahan-bahan pilihan, seperti katun dan linen.

 

 

Palet warna yang ditampilkan adalah warna-warna netral, namun dominan, seperti realgar, poudre, dove, turnip, clay, nata, tobacco, dan juga bijou. Pada koleksi ini juga dapat ditemui kreasi motif baru yang dinamakan Seligi dan Pixelated Ikat bersanding dengan motif-motif khas Sapto Djojokartiko yang sudah lebih dulu dikenal, seperti Arnit, Ikat, dan Yayi.

 

Eid One-Off Collection 2022 mengusung banyak detail subtil yang dapat dikenakan untuk beraktivitas sehari-hari maupun ketika mendatangi acara-acara formal. Potongan busana berbentuk i-line serta a-line dengan oversize cutting yang merupakan ciri khas Sapto Djojokartiko kembali dihadirkan pada koleksi ini. Beberapa luaran casual, namun elegan memanjakan klien dan memberi inspirasi berbusana yang nyaman sekaligus unik.

 

Tak hanya itu, koleksi hari raya ini pun menggunakan motif baru nan unik, seperti Primrose, Ukelan Ron, Ukelan Sekar, Banda Neira, Darpana, dan Birai Rambat terinspirasi dari beragam rangkaian bunga.

 

 

Sapto Djojokartiko tahun ini juga merilis koleksi untuk anak-anak yang senada dengan koleksi dewasa dan dapat dikenakan bersama untuk keluarga dalam merayakan Idul Fitri. Bertajuk “Saptojo Insimul”, kata insimul yang berasal dari bahasa Latin memiliki arti kebersamaan.

 

Ide awal yang melatarbelakangi hadirnya koleksi ini merupakan jawaban dari banyak doa dan juga pengalaman melalui pandemi hampir 2,5 tahun belakangan ini. Menurut Sapto, dirinya merasakan evolusi sebagai seorang desainer yang diharuskan terus beradaptasi dengan teknologi, kerap dituntut untuk berinovasi. Namun di waktu yang bersamaan tetap mengasuh apa yang telah menjadi identitas dari brand-nya.

 

 

Tren berbusana seragam keluarga untuk berfoto bersama akan tetap banyak terlihat seperti tahun-tahun sebelumnya. “Saat ini dengan semangat baru menyongsong hari kemenangan, saya dan tim berharap koleksi ini dapat menemani keluarga-keluarga di Indonesia untuk terus bersama berjalan menghadapi tantangan maupun anugerah yang ada di depan mata.”