MomFest 2022 #CelebratingMOM5

#CelebratingMoM5 adalah tema MomFest yang diadakan belum lama silam di Samisara Ballroom, Jakarta. MomFest merupakan acara tahunan yang diadakan oleh komunitas MoM Academy, bagian dari Mothers on Mission (MoM) dan FAB Indonesia. Yaitu platform bisnis kreatif dengan pertumbuhan yang sangat cepat dan memiliki jaringan terpercaya serta kuat dengan memberdayakan brand maupun komunitas.

 

MomFest #CelebratingMoM5 dihadiri lebih dari 300 peserta secara offline dan online. Dimeriahkan oleh public figure dan para ahli di bidangnya, antara lain Dessy Ilsanty (psikolog), Adrian Maulana (public figure), Rista Zwastika (financial Planner) dan masih banyak lainnya lagi.

 

Keseruan acara sangat dirasakan para peserta yang hadir, mulai dari dresscode warna-warni color block yang menghibur mata, melambangkan betapa berwarnanya kehidupan para moms. Lalu, booth para sponsor yang menawarkan beragam diskon dan layanan yang dikerubungi para Moms, playground khusus bagi anak-anak, booth merchandise MoMA yang dibanjiri pemesan. Hingga performa band Randy and the Soulmates yang membawakan lagu-lagu pilihan khusus perempuan terutama para mom.

 

Tak hanya mom yang hadir secara offline, para Moms yang hadir lewat zoom juga diajak tour virtual untuk melihat ruangan acara, para tamu offline, booth, playground, dan lainnya sehingga bisa merasakan keseruan yang sama.

 

Dalam kesempatan tersebut, CEO Mothers on Mission dan MoM Academy, Widya Safitri menyampaikan bahwa bukan kebetulan #CelebratingMoM5 menjadi tema MomFest kali ini. #CelebratingMoM5 adalah perayaan ulang tahun Mothers on Mission yang ke-5, sekaligus perayaan bagi para moms di seluruh Indonesia yang telah berhasil melewati kerasnya masa pandemi. Mereka justru semakin berkembang bersama terutama dengan tergabungnya mereka dalam komunitas.

 

 

Widya juga memaparkan hasil survei yang menghangatkan hati, yaitu hasil survei Mei 2022 yang diadakan oleh MoM Academy terhadap 681 Moms di Indonesia. Terlihat sekali peran besar Moms pada ketahanan keluarga, sehingga banyak keluarga di Indonesia bisa melewati masa pandemi dengan baik.

 

Menurut survei tahun 2021, presentase Moms yang harus bekerja atau berbisnis untuk mendukung keuangan keluarga terbilang cukup tinggi hingga mencapai 30%. Karena berbagai alasan salah satunya adalah suami yang kehilangan pekerjaan atau mata pencariannya. Tahun ini hasil survei menunjukan hanya 8.7% istri yang masih berperan menjadi kepala rumah tangga, dan 89.7% pencari nafkah utama adalah suami. Kendati demikian, Moms masih tetap melanjutkan usaha yang sudah dirintis sebelumnya karena beragam alasan, dari mulai hobi dan eksistensi diri sampai mendukung keuangan keluarga.

 

Widya juga menambahkan bahwa tahun ini adalah tahun yang penuh optimisme terutama bagi para Moms di seluruh Indonesia. Hasil survei MoM Academy mempertegas hal tersebut, lebih dari 50% responden mengakui situasi ekonomi mereka perlahan mulai membaik. Bahkan, sejak pandemi mereka berhasil membangun kebiasaan positif baru, yaitu berani berbisnis dan mempelajari keterampilan yang terkait dengan dunia bisnis dan digital.

 

Di tahun Moms sudah mulai memiliki dana cadangan dan berani berinvestasi. Termasuk dalam hal pembelanjaan anggaran keluarga, Moms sudah mulai menyelipkan perawatan tubuh dan kecantikan diri.

(Elly Simanjuntak | Foto: Dok. Istimewa)