Pulau Terkecil Di Dunia

Sebelum terbagi menjadi lima benua yang kita kenal saat ini, mulanya bumi hanya memiliki satu daratan besar yang disebut dengan Pangea atau Pangaea. Setelah fenomena alam terjadi, daratan pun terpecah menjadi lima benua yang di dalamnya terdapat pulau dengan berbagai ukuran. Mulai dari yang memiliki dataran besar hingga yang paling kecil. Kali ini, Women’s Obsession akan membahas pulau-pulauterkecil yang ada di dunia.

 

Pulau Isla Mujeres (Mexico)

 

Menjadi salah satu yang terkecil di dunia, Pulau Isla Mujeres hanya memiliki panjang sekitar 7 km² dan lebar 650 meter. Selain itu, pulau yang berlokasi di Mexico ini juga dinobatkan sebagai pulau yang aman didatangi, karena tingkat kejahatan yang sangat kecil. Menikmati olahan makanan laut, snorkeling, dan mengunjungi penangkaran penyu merupakan sederet kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Tidak ketinggalan, wisatawan juga bisa berkunjung ke pantai berpasir nan indah untuk memanjakan mata.

 

 

Baca Juga:

Air Terjun Terindah Di Dunia

Sensasi Japanese Fusion yang Tak Biasa

 

Pulau Sea Lion (Falkland Islands)

 

Memiliki luas 9 km², pulau ini ditetapkan sebagai situs Ramsar pada 24 September 2001 dan Important Bird Area oleh BirdLife International pada 2006. Sementara, pada tahun 2017 pulau ini ditetapkan sebagai Cagar Alam Nasional. Di Pulau Sea Lion, terdapat lima spesies penguin, singa laut, gajah laut, paus orca, dan lain-lain. Di pulau ini, Elephant Seal Research Group (ESRG) telah melacak kebiasaan gajah laut selama lebih dari 20 tahun. Tidak hanya menjadi rumah bagi hewan, pulau yang menjadi bagian Falkland Islands ini juga merupakan habitat 56 spesies tanaman berbunga.

 

Pulau Saba (Belanda Karibia)

 

Pulau Saba yang berlokasi di Karibia dan berada di bawah pemerintahan Belanda ini begitu terkenal dengan kekayaan biota dan keindahan alam bawah lautnya. Oleh sebab itu, scuba diving menjadi salah satu pilihan menarik ketika berkunjung ke sana. Pulau yang memiliki total luas sekitar 13 km² ini dihuni oleh sekitar 2000 jiwa. Selain bisa menikmati pemandangan bawah laut, wisatawan pun bisa mendaki Mount Scenery sebuah gunung berapi yang tidak aktif.

 

Pulau Simping (Indonesia)

 

Terdiri dari bebatuan dan gundukan pasir yang lembut saat menyentuh kaki, Pulau Simping hanya memiliki luas sekitar setengah hektar. Pulau ini dulunya dikenal sebagai Pulau Kelapa Dua. Di sana terdapat sebuah klenteng yang hingga kini masih digunakan. Ada pula sebuah jembatan kayu yang biasa dipakai sebagai akses bagi pengunjung yang ingin berdoa. Dari jembatan tersebut, wisatawan dapat menikmati panorama alam yang terhampar di depan mata.

 

Pulau Corvo (Portugal)

 

Berlokasi di Portugal, Pulau Corvo hanya memiliki luas 17,11 km². Menjadi salah satu yang terkecil di dunia, pulau ini dihuni kurang dari 500 jiwa. Meski begitu, terdapat tiga restoran dan lima hotel yang biasa digunakan oleh para wisatawan ketika bertandang ke sana. Berbagai kegiatan yang bisa dilakukan jika ingin travelling ke pulau ini adalah memancing, mendaki, berenang, dan tentunya menikmati landskap samudra nan indah. Terdapat satu fakta menarik, yakni Corvo menjadi pulau pertama yang terkena badai dari Samudra Atlantik sebelum menghantam pulau lain di kepulauan Azores.