Indonesia Now Bawa Karya 6 Desainer ke New York Fashion Week

 

Menjadi panggung bergengsi, New York Fashion Week adalah impian para desainer untuk menampilkan karya mereka. Tak terkecuali para perancang Tanah Air yang tergabung dalam Indonesia Now. Bertempat di Springs Studios, New York, presentasi bertajuk ‘The Show’ membawa buah karya enam desainer Indonesia.

 

Tim Indonesia Now mendapat dukungan Polka Cosmetics sebagai official makeup partner. Tiara Adikusumah, founder Polka Cosmetics, mengatakan bahwa fashion dan beauty adalah dua hal yang tak terpisahkan. “Suatu kebanggaan Polka diizinkan untuk mendukung para desainer fashion terbaik bangsa di NYFW S/S 2023 sekaligus menjadi bagian dari event internasional ini,” ujar Tiara dalam acara konferensi pers di Plataran Hutan Kota, Jakarta, belum lama ini.

 

BACA JUGA:

JMFW 2023 Angkat Kearifan Lokal ke Kancah Global

Aku dan Kain, Persembahan Cinta Oscar Lawalata

 

Kerja sama ini bertujuan untuk membangun suatu ekosistem industri kreatif Indonesia yang diwakili oleh karya anak bangsa, agar dapat bersama-sama maju di kancah internasional. Dukungan juga datang dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Amerika Serikat. Tak berhenti di situ, KBRI di AS pun akan mendukung para desainer yang ingin melakukan ekspansi pasar di Negeri Paman Sam.

 

Ibu Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Ayu Heni Rosan, menyampaikan, “Peluang desainer tanah air masuk ke pasar Amerika Serikat sangat terbuka lebar, ekspor Indonesia, terutama produk tekstil pun terus meningkat dan saat ini Amerika Serikat merupakan mitra dagang terbesar kedua setelah China.”

 

 

Adapun para desainer yang akan tampil dalam group show Indonesia Now, antara lain Spous by Priyo Oktaviano, Heaven Lights, Alleira Carys Cares X Amero Jewellery, Suedeson by Kimberly Tandra, Coreta Louise, dan Vivi Zubedi. Membawa koleksi ready to wear yang terinspirasi dari kekayaan kriya Indonesia dari Sabang sampai Merauke, keenam desainer telah melakukan persiapan matang.

 

Spous by Priyo Oktaviano misalnya menghadirkan tema Childhood Reminiscence yang terinspirasi dari kenangan masa kecil, yang bebas tanpa ada batasan dan berimajinasi seekspresif mungkin. Menggunakan material utama tenun endek Bali, koleksinya terlihat young, fun, dan colourful. Heaven Lights yang akan merasakan panggung perdananya di New York Fashion Week menampilkan koleksi bertajuk Tanah Kita Papua.

 

Kemudian Alleira Batik, terakhir tampil di New York Fashion Week 2019, kini kembali mempresentasikan koleksinya di NYFW 2023. Berkolaborasi dengan Carys Cares dan Amero Jewellery dan membentuk nama Alleira Carys Cares X Jewellery ini membawa koleksi bertema “Paradise”. Uniknya, busana yang ditampilkan merupakan hasil lukisan tangan anak-anak down syndrome. Koleksi Batik Alleira kali ini juga akan mempertunjukkan batik bermotif nuansa hias khas Pulau Dewata, Bali.

 

 

Suedeson by Kimberly Tandra juga akan kembali ke panggung NYFW tahun ini. Koleksinya bertema perpaduan keberagaman budaya bangsa, hal ini terinspirasi dari kehidupan personal sang desainer yang berasal dari dua budaya berbeda. Coreta Louise kali ini akan mengangkat tema ‘Sea Reflection from the Sea to The City’. Koleksi motif batik yang diciptakannya terinspirasi dari keindahan bawah laut, khususnya Bunaken, Sulawesi Utara. Terakhir, Vivi Zubedi, yang sempat menjajal panggung NYFW pada kesempatan ini membawa koleksi busana yang terinspirasi dari Kain Sasirangan khas Banjar Baru.  

 

Penampilan karya-karya tersebut di panggung internasional membuktikan bahwa kriya para pengrajin lokal memiliki standar kualitas yang baik dan dapat diterima di dunia. Diharapkan langkah ini menjadi keputusan strategis untuk melebarkan pasar sekaligus mendukung bangkitnya ekonomi pasca-pandemi lewat mode dan kecantikan.

 

Nur A | Dok. Indonesia Now