Hadirkan Wanita dan Alam, Tulola Mengangkat Kearifan Lokal dan Warisan Leluhur

 

Perempuan kerap dianggap sebagai representasi alam, karena kemampuannya memproduksi dan mereproduksi kehidupan. Prinsip lestari dan keberlanjutan pun identik dengan kemampuan kaum Hawa. Kembali menghadirkan Kawan Nusantara, Tulola bersama para sahabat dan para pelaku ekonomi kreatif berkolaborasi mengedepankan tema ‘Wanita dan Alam’.

 

 

Didukung oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, Kawan Nusantara merayakan kesamaan cita-cita untuk mengangkat kearifan lokal, menghargai warisan leluhur, namun diinovasikan sesuai zaman. Tulola yang merupakan rumah perhiasan etnik Indonesia yang menggabungkan nuansa tradisional Indonesia dan sentuhan modern menggandeng 11 pelaku usaha kreatif terpilih non-jewelry untuk sama-sama maju menggerakkan roda ekonomi yang sempat terpuruk akibat pandemi.

 

BACA JUGA:

Apresiasi Perjalanan Ibu Besarkan Buah Hati

Inacraft Gandeng Masyarakat Bangkitkan Produk Lokal

 

Inisiatif usaha yang didominasi pelaku wanita dalam berkarya atau menggagas ide menjadi highlight dari kolaborasi ini. Karya mereka kerap berdekatan dengan hal-hal yang alami. Misalnya menggunakan pewarnaan alami, bahan baku alami, daur ulang, dan segala macam unsur sebagai bagian dari alam atau upaya dalam menyembuhkan alam itu sendiri. Karya-karya mereka menjadi bukti nyata dari kepedulian dan rasa cinta terhadap alam sekitar.

 

 

Local brand yang turut serta dalam Kawan Nusantara 2022 terbagi dalam tiga kategori, yaitu fashion, lifestyle, dan living. Pada kategori fashion ada SukhaCitta, Amanda Hartarto, Masshiro, dan Niluh Djelantik. Kemudian kategori lifestyle menggandeng Kiloalta, Kemayu, dan SADA beauty. Sedangkan kategori living mengajak Sleep Buddy, Keramik Alarasati, Handep, serta Arbor & Troy.

 

 

Dikemas dalam bentuk pertunjukan, acara dibuka performance bertajuk Sri Laksmi yang dikoreografi Josh Marcy. Menggabungkan unsur tari dan fashion show, pertunjukan juga dimeriahkan Handayani, Direktur Konsumer BRI, dan melibatkan publik figur dan selebriti Jakarta. Di antaranya Marsha Timothy, Widi Mulia, Asmara Abigail, serta Daffa Wardhana.

 

 

Tampak pula pameran seni instalasi Mang Moel atau Mulyana Mogus, seniman rajut asal Bandung yang menetap di Yogyakarta. Seniman ini dikenal dengan instalasi laut bertajuk Sea Remembers di Artjog 2018. Acara yang diselenggarakan di Spac8, Ashta, mengundang pengunjung untuk bersama merayakan Kawan Nusantara. Dengan segala sudut pandang yang berbeda namun perasaan yang sama, mendukung pemberdayaan perempuan.

 

Nur A | Dok. Tulola