Dongkrak Industri Kreatif, Executive Adakan Kompetisi Ilustrasi

 

Sekitar 1200 ilustrator Tanah Air mengikuti kompetisi desain T-shirt yang diadakan Executive, brand fashion retail Indonesia. Mengangkat tema ‘Collecting Moment and Happiness’ yang berarti ‘Mengoleksi Momen Bahagia’, kompetisi ini diharapkan dapat mendongkrak industri kreatif lokal, khususnya di bidang Ilustrasi. 

 

Animo yang besar tersebut menghasilkan banyak ide dan karya kreatif ke desain yang dikirimkan. Para juri yang terdiri dari orang-orang berpengalaman di bidang kreatif lokal pun harus menilai dengan teliti ribuan karya yang masuk. WD Willy (profesional ilustrator Indonesia), Dion MBD (ilustrator profesional dan founder komunitas Illustrasee) dan Mochtar Sarman (creativepreneur Indonesia) akhirnya memilih empat ilustrator sebagai pemenangnya.

 

Para pemenang diumumkan dalam acara Pop Art Jakarta 2022 pada tanggal 14 Agustus 2022 lalu. Keempat pemenang mendapat hadiah total senilai Rp50.000.000 dari Executive. Mereka adalah Aditya Pranata dari Malang (Juara 1), Alika Putri Setiadjie dari Bandung (Juara 2), Windha Sukmanindya dari Madiun (Juara 3), dan Deon Deliano dari Batam (Juara 4).

 

Pada saat bersamaan Executive sekaligus menampilkan 200 karya yang telah dikurasi dari 1200 karya lainnya pada art installation bertajuk “The Sphere by Executive”. Brand General Manager Executive, Caroline Parengkuan, menyampaikan dukungan kepada anak-anak muda kreatif Indonesia dalam mengembangkan kreativitas dan aspirasi dalam berkarya. 

 

Melalui kampanye Bangga Lokal, selama beberapa tahun terakhir menampilkan beberapa kolaborasi dengan ilustrator-ilustrator muda. Dan dengan adanya T-shirt Design Competition dari Executive ini, hasil dari pemenang akan dapat dinikmati melalui mendistribusikan hasil desain pemenang ke semua toko Executive, baik offline maupun online.

 

Johannes L. Paat selaku General Manager Marketing Communications PT Delamibrands Kharisma Busana, menambahkan, “Executive memiliki inovasi baru untuk menciptakan kompetisi yang sehat bagi para ilustrator yang selama ini belum terekspos dengan dapat menjadi wadah bagi para pelaku industri kreatif yang dapat dituangkan dalam projek kolaborasi merchandise.” Pria yang akrab disapa Ludy ini juga mengucapkan selamat kepada para pemenang dan bravo kepada seluruh peserta yang karya-karyanya begitu kreatif serta sangat menjanjikan. 

 

Dengan event ini diharapkan para ilustrator Indonesia dapat terus mengembangkan talenta dan mengepakkan sayapnya bersama ke tingkat yang lebih tinggi. Tak hanya itu, sebagai kreator Indonesia harus pula memiliki semangat untuk dapat mendongkrak visibilitas serta kreativitas dari anak bangsa dan menjadi kebanggaan bangsa. 

 

Nur A | Dok. Executive