Android 12L Galaxy Z Fold4 5G Jadikan Multitasking Semakin Mudah

 

Untuk Anda pengguna Android, mungkin sudah mendengar UI Android 12L. Fitur khusus ini membuat Android 12 bekerja lebih baik di perangkat layar besar, seperti Samsung Galaxy Fold4 5G. Mengklaim sebagai perangkat pertama yang menjalankan sistem UI ini, menjadikan multitasking semakin bertenaga dan intuitif.

 

Layar foldable yang besar memungkinkan jenis perangkat ini untuk menampilkan lebih banyak informasi sekaligus. Android 12L hadir memaksimalkan keunggulan tersebut dengan mengoptimalkan UI di setiap aspek, baik saat pengguna mengakses home screen, cek notifikasi, hingga melakukan pengaturan perangkat. Navigasi pun jadi lebih praktis dan tampilan seluruh aplikasi lebih optimal.

 

BACA JUGA:

Jadi Versi Terbaik Setiap Hari dengan Galaxy Watch5 & Galaxy Watch5 Pro

Keunikan Galaxy Z Fold 4 & Galaxy Z Flip 4

 

UI yang lebih optimal dan beda dari smartphone biasa ini dapat dinikmati pengguna Galaxy Z Fold4 5G. Misalnya, saat mengakses quick panel di smartphone biasa, notifikasi dan fungsi-fungsi seperti Wi-Fi dan Bluetooth akan bertumpuk dalam satu baris panjang. Pada Galaxy Z Fold4 5G yang didukung Android 12L, quick settings dan notifikasi tampil dalam kolom yang terpisah, sehingga pengguna bisa mengaktifkan fungsi tertentu atau cek pesan masuk dengan lebih mudah serta cepat.

 

Turunan dari Android 12 yang dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi layar besar di atas 600 dp ini membawa antarmuka two-column untuk toggle notifikasi dan pengaturan cepat. Pengguna dimanjakan dengan layout yang terdiri dari dua kolom, yaitu menu utama pengaturan dan tampilan dari menu yang sedang dipilih. Jadi, kita bisa beralih dari satu menu ke menu lainnya dengan navigasi yang lebih simple.

 

 

Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, mengatakan hal tersebut merupakan bentuk komitmen untuk memberikan pengalaman lebih kepada konsumen dan membantu penggunanya mencapai tujuan mereka lebih mudah lagi. “Galaxy Z Fold4 5G kini hadir dengan Android 12L untuk menawarkan greater foldable experience yang membuat perangkat ini semakin unggul dibanding smartphone konvensional dan mampu membuat pengguna do greater dengan multitasking yang lebih dinamis,” ujar Verry.

 

Android 12L memungkinkan Galaxy Z Fold4 5G untuk menjalankan fungsi Multiwindow terhadap semua aplikasi dengan tampilan lebih optimal. Jadi, penyesuaian ukuran window untuk semua aplikasi akan lebih smooth dengan rasio lebih proporsional untuk meningkatkan kenyamanan pengguna. UI ini juga berperan besar dalam mematangkan gesture terbaru dalam mengaktifkan Multiwindow, jadi pengguna bisa beralih dari tampilan full screen ke split screen secara instan hanya dengan sekali swipe.

 

 

Selain itu, Android 12L memungkinkan Galaxy Z Fold4 5G menjalankan fitur Taskbar dengan lancar, sehingga transisi lebih smooth ketika pengguna berpindah-pindah aplikasi maupun mulai menggunakan Multiwindow via Taskbar. Fleksibilitas lebih pun bisa pengguna nikmati dengan fungsi untuk menyembunyikan maupun menampilkan Taskbar hanya dengan menekan lebih lama Taskbar itu sendiri.

 

Pengguna pun bisa merasakan pengalaman perdana dari Android 12L di Galaxy Z Fold4 5G melalui kemitraan strategis Samsung dengan Google yang diharapkan akan terjalin semakin kuat ke depannya. pengguna bisa menikmati tampilan dan fungsi yang lebih intuitif saat memakai aplikasi teroptimalkan seperti Instagram, WhatsApp, TikTok, Netflix, Spotify, Microsoft Office, hingga berbagai aplikasi penunjang produktivitas dari Google.