Belajar Conscious Lifestyle di Brightspot Market 2022  

 

 

Tahun ini, Brightspot Market hadir kembali dengan tema 'Renew 2022' dengan impian ajang ini lebih dari sekadar menjadi platform bagi local brand dengan talenta besar untuk tetap bertahan menjalankan bisnis dan mempertahankan siklus circular economy. Acara yang akan digelar pada 3-6 November 2022 mendatang ini akan mendayagunakan rooftop Plaza Senayan, yang juga merupakan kali pertama tempat ini dibuka untuk publik.

 

Plaza Senayan dengan konsep “One Stop Shopping” dipilih karena menjadi tempat  banyak memori indah terjadi sejak 26 tahun berdiri. Tetap bertahan tak tergerus oleh tantangan, Plaza Senayan bangkit kembali dengan melakukan renovasi agar dapat bersaing dengan tempat baru lain. Mengajak para insan industri kreatif memeriahkan Brightspot Market 2022 sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM dan local brand.

 

BACA JUGA:

Optimalisasikan Perkembangan Kognitif Anak

Home Credit Dorong Inklusi dan Literasi Keuangan lndonesia

 

Sama halnya dengan Brightspot Market yang selama 13 tahun telah menjadi tempat debut banyak local brand. Sebut saja beberapa brand ternama, seperti Oaken Lab, Cotton Ink, Doughlab, Demie Bakmi dan banyak nama lain yang melakukan launching product.

 

“Brightspot Market menjadi lebih dari platform bagi emerging local talent bisa berdaya di negeri sendiri, namun juga berhasil dilirik secara global melalui coverage dari Monocle pada tahun 2013 dengan spotlight pemberdayaan brand independen,” ucap Anton Wirjono selaku Founder Brightspot Market dan Future10.

 

 

Brightspot Market juga ingin mengajak semua stakeholders dengan value yang sama mendefinisikan kembali mengenai adaptasi dengan consumer behaviour yang terus berkembang. Perubahan minat dan pola belanja konsumen akan pemilihan produk yang lebih mengutamakan dampak terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi yang berkelanjutan.

 

“UMKM memiliki peran yang sangat penting bagi perputaran ekonomi kreatif Indonesia. Sebagai sektor yang menyerap tenaga kerja yang begitu besar, agar mampu bertahan di tengah gempuran pandemi dan resesi, UMKM dan pengusaha lokal butuh dukungan dari berbagai lapisan masyarakat. Salah satu upaya untuk mengekspos local brand adalah dengan menggelar event yang bisa mengundang banyak orang untuk datang. Dengan adanya Brightspot Market 2022 ini selaras dengan anjuran Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, kolaborasi dari berbagai pihak dari bermacam sektor menjadi unsur penting dalam pengembangan UMKM,” ungkap Leonard Theosabrata, Direktur SMESCO.

 

 

Berkaca dari pandemi tiga tahun belakangan, terjadi perubahan perilaku konsumen yang membatasi interaksi fisik. Salah satunya menerapkan conscious buying sebagai new lifestyle dalam keputusan berbelanja dengan lebih memilih sumber daya lokal yang mendukung ekonomi kreatif Indonesia yang berkelanjutan. Penerapan conscious buying, dalam segi sosial, mengedepankan memilih produk lokal, dibandingkan produk luar sebagai pemberdayaan sumber daya dalam negeri. Nur A | Dok. Brightspot