Deretan Istana Kepresidenan Termegah

Ditempati sebagai kantor seorang pemimpin negara, umumnya istana kepresidenan memiliki tingkat keamanan yang luar biasa. Desain bangunannya pun dibuat sedemikian rupa, sehingga kerap menjadi ikonik dengan tampilannya yang menarik. Tidak jarang, sebuah istana negara berdiri begitu megah sampai dapat membuat para tamu kenegaraan berdecak kagum.

 

Alvorada Palace, Brasil

 

Istana kepresidenan yang juga dikenal dengan Palacio da Alvorada ini mengusung konsep yang berbeda dengan lainnya. Jika istana negara umumnya menggunakan tema klasik, Alvorada Palace menerapkan desain modern yang dibangun antara tahun 1957 dan 1958. Dirancang oleh Oscar Niemeyer, istana kepresidenan yang satu ini menggunakan banyak garis-garis geometri, dan dinding kaca yang menjulang tinggi. Terdapat beberapa fasilitas, seperti bioskop, ruang fitness, kolam renang air panas, hingga gudang anggur. Di bagian luar, ada sebuah kolam biru yang menambah kesan mewah istana ini.

 

Ak Orda Presidential Palace, Kazakhstan

 

Diresmikan pada tahun 2004, istana kepresidenan ini dibangun selama tiga tahun. Di bagian atas bangunannya terdapat sebuah kubah berwarna biru bertatah emas yang membuatnya menjadi sebuah ikon. Selain itu, Ak Orda Presidential Palace juga dikenal sebagai istana kepresidenan yang memiliki desain klasik nan megah. Bangunan yang berada di Astana, ibu kota Kazakhstan ini memiliki sebuah keunikan tersendiri, yakni menggunakan 21 motif pada bagian lantainya.

 

 

Baca Juga:

TJ Tham: Ciptakan Ekosistem Pendukung UMKM

Raih Sertifikat B Corp SukkhaCitta Ciptakan Peluang Ekonomi Sekaligus Merawat Bumi

 

 

Hofburg Palace, Austria

 

Selesai dibangun pada tahun 1279, istana ini berlokasi di ibu kota Austria, yakni Wina atau yang juga dikenal sebagai Vienna. Memiliki arsitektur abad ke-13, bangunan Hofburg Palace tampak sangat megah dengan gaya klasiknya. Jika berkunjung ke istana yang satu ini, terdapat tiga bagian yang dijadikan sebagai menjadi tempat wisata, yakni Imperial Apartments, Silver Collection, dan Museum. Pada bagian museum, wisatawan akan menyaksikan pertunjukan tradisi di istana dan kegiatan anggota istana serta masyarakat pada masa lampau.

 

Zhongnanhai Palace, Cina

 

Masuk jajaran istana kepresidenan termegah di dunia, Zhongnanhai merupakan kantor pusat pemerintahan yang berlokasi di ibu kota Beijing. Selain menjadi yang termegah, istana yang satu ini juga merupakan bangunan bersejarah yang dibangun sejak 300 tahun lalu. Mendapat julukan sebagai istana laut, bangunan Zhongnanhai Palace dikelilingi danau sangat luas dan dibagi menjadi tiga bagian, yakni danau bagian selatan, barat, dan tengah.

 

Grand Kremlin Palace, Rusia

 

Memakan waktu penyelesaian selama 12 tahun, Grand Kremlin Palace mulai dibangun pada tahun 1837 hingga 1849. Berdiri begitu megah, bangunan ini mengusung dekorasi abad ke-17 di atas lahan seluas 25.000 meter persegi dengan panjang mencapai 125 meter persegi dan tinggi 47 meter persegi. Berlokasi di Moskow yang merupakan ibu kota Rusia, istana presiden yang satu ini juga menjadi salah satu bangunan bersejarah dan ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Di dalamnya terdapat 700 kamar dan aula-aula yang begitu megah. Di antaranya adalah Georgievsky Hall, Catherine Hall, Vladimirsky Hall, Conference Room, dan the Faceted Chamber.