Pesona Sabana Terindah

Menghabiskan waktu di padang rumput yang membentang luas, sejuk, dan tenang tentu dapat menjadi pengalaman menarik. Di dunia, terdapat beberapa sabana atau padang rumput terindah. sabana sendiri merupakan padang rumput yang dipenuhi semak dan terdiri atas berbagai jenis pepohonan yang tumbuh secara menyebar. Sistem biotik ini umumnya terbentuk di antara daerah tropis dan subtropis. Bisa menjadi pilihan lokasi untuk menyegarkan pikiran kala berlibur, berikut beberapa sabana terindah di dunia versi Women’s Obsession.

 

Fulan Fehan, Indonesia

 

Berlokasi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Fulan Fehan merupakan sebuah lembah nan indah di kaki Gunung Lakaan. Menyajikan hamparan rerumputan, di beberapa titik terdapat tanaman kaktus yang tumbuh subur. Terletak di lembah Gunung Lakaan, sabana ini memiliki suhu yang cukup dingin, yakni sekitar 21 hingga 30 derajat Celcius. Menjadi rumah bagi kawanan kuda, di sabana ini juga terdapat beberapa objek wisata alam, seperti Air Terjun Sihata Mauhale yang berada di antara Desa Aitoun dan Desa, serta Air Terjun Lesu Til di Weluli.

 

 

Fynbos, Afrika selatan

 

Padang rumput Fynbos memiliki luas 90 ribu km² dan berlokasi di provinsi Western Cape dan Eastern Cape, Afrika Selatan. Selain menikmati hamparan rumput, sabana yang satu ini juga dihuni lebih dari 9000 spesies tanaman dan kebanyakan di antaranya adalah tumbuhan fynbos. Keberadaan berbagai macam tumbuhan di sabana ini juga telah tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Salah satu keunikan sabana Fynbos adalah lokasinya yang berada di sekitar pegunungan, lembah, dan pantai, tapi memiliki suhu yang cukup dingin.

 

Gunung Alpine, Kyrgyzstan

 

Berada di kaki Gunung Alpine, padang rumput yang satu ini membentang seluas 15 ribu kaki. Di sabana pengunjung dapat menjumpai taman bunga geranium biru, juga poppy merah, putih, dan oranye. Tidak hanya itu, padang rumput ini juga menjadi rumah bagi tanaman buttercups, iris, tulip, dan caltcha. Namun, yang paling banyak dijumpai adalah rhubarb liar. Dataran Gunung Alpine sendiri merupakan pegunungan granit dengan hutan rimbun dan dikelilingi padang rumput yang memanjakan mata.

 

The Blue Ridge Parkway, Amerika Serikat

 

Dikenal sebagai negara terluas ketiga di dunia, Amerika Serikat juga memiliki sebuah padang rumput yang begitu menawan. Dikenal dengan nama Blue Ridge Parkway, sabana ini terbentang seluas 469 mil. Selain padang rumput yang begitu indah, di sana juga terdapat beberapa tanaman seperti stroberi, valley, apel, bloodroot, dicentras, smilacina, tiarella, hingga columbine. Bahkan, di beberapa titik wisatawan juga dapat menemukan cypripedium reginae, yakni jenis tanaman anggrek berwarna merah muda dan putih.