Akhirnya Indonesia Punya Kereta Panoramic Pertama

 

Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero meluncurkan Kereta Panoramic rute Jakarta – Yogyakarta PP. Beroperasi mulai 24 Desember 2022, kereta ini merupakan bagian dari rangkaian kereta api Taksaka Tambahan. “Pada setiap perjalanan KA Taksaka Tambahan tersebut, KAI akan mengoperasikan satu kereta Panoramic dengan kapasitas 46 tempat duduk,” ujar Joni Martinus selaku VP Public Relations KAI dalam keterangan persnya.

 

Penumpang bisa memesan tiket melalui aplikasi KAI Access ataupun lewat laman booking.kai.id dan merasakan fasilitas eksklusif. Di antaranya kursi nyaman yang dapat diputar menghadap ke jendela di sisi kanan dan kiri kereta.

 

BACA JUGA:

Berlibur di Negeri Salju

Pesona Wisata Alam Australia Barat

 

Dua kereta Panoramic yang merupakan hasil modifikasi kereta kelas eksekutif PT KAI sebelumnya itu juga memiliki jendela pada bagian atap. Tak hanya itu, tirai jendelanya dapat dikendalikan secara remote. Fasilitas lainnya adalah toilet luas dengan sensor otomatis dan rak bagasi khusus yang terdapat di ujung kereta.

 

 

Tarif Panoramic ini dibanderol dengan harga Rp750.000 hingga Rp1 juta per orang. Harga tersebut masih terus dikaji dan dievaluasi. Ada pun penumpang akan merasakan layanan, seperti snack, makanan berat, minuman, serta selimut.

 

Untuk sementara waktu tiket kereta dijual untuk keberangkatan antara 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Dengan dua kali pemberangkatan per hari, baik dari Jakarta maupun Yogyakarta. Ke depannya kereta ini diharapkan akan dioperasikan bersama kereta reguler dengan relasi lainnya, seperti ke Bandung atau Surabaya.