Jakarta Fashion Trend (JFT) 2023 Padukan Fashion, Beauty, dan Nature

 

Menjadi gelaran keempat, ajang tahunan Jakarta Fashion Trend (JFT) 2023 diselenggarakan Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jakarta Chapter selama dua hari di Soehanna Hall, The Energy Building, SCBD. Dibuka pada Rabu (11/1), acara mode ini mengangkat tema “FashByte” yang memadukan antara fashion, beauty, dan nature dengan tujuan memperkuat kolaborasi antara industri fashion dan kosmetik di Tanah Air.

 

JFT 2023 menampilkan Fashion Parade karya 62 fashion designer IFC, 12 fashion designer syar’i, 11 brand kids fashion, dan 11 brand/fashion designer dari 11 kota di seluruh Indonesia. Koleksi busana yang ditampilkan pun memperlihatkan fragmen perkembangan tren dan gaya busana Indonesia. Mulai dari busana etnik kontemporer, urban wear, kids wear, modest wear, dan busana muslim syari dengan mengangkat konten lokal dan mengacu pada tren global, termasuk isu sustainable fashion yang tengah menjadi perhatian.

 

BACA JUGA:

Inspirasi Gaya Liburan Akhir Tahun Tetap Nyaman dan Stylish

Uniqlo x Marni Padukan Warna-Warni Musim Dingin dengan Kesederhanaan dan Kreativitas

 

“Usai bencana kemanusiaan Covid-19 pelaku maupun komunitas fashion dan kosmetik harus memulihkan diri dari dampak dan berlari bersama menghasilkan sinergi baru antara fashion, kosmetik, serta jamu yang membuat semangat baru dunia fashion di Indonesia,” ungkap Hannie Hananto, Ketua Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jakarta Chapter.

 

 

 

Pada hari perdana gelaran Jakarta Fashion Trend (JFT) 2023 menampilkan rangkaian tiga fashion show. Parade diawali koleksi Hannie Hananto, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Presents Bima Zikwan, Kursien Karzai, NY by Novita Yunus, dan lainnya. Ada pula parade modest wear termasuk modest syar’i yang sedang marak di Indonesia. Di antaranya menampilkan koleksi Atkia Hijab, Yodizein Syari Indonesia, dan Syafeera Syari.

 

Sementara gelaran hari kedua JFT 2023 menyoroti potensi sektor kids wear melalui fashion show “Jakarta Kids Fashion Trend”. Hadir rangkaian koleksi pakaian anak rancangan desainer yang merupakan member IFC Jakarta Chapter, yaitu Raegita Zoro, Tieka Huza, Erika Ardianto dengan brand Boldsession, Vielga, Hannie Hananto, dan Chaera Lee X Wastra Batik Semarang.

 

 

Sebagai penutup Jakarta Fashion Trend (JFT) 2023 ini menghadirkan parade busana dari Rueverse, Racespot X Snap Custom Wear, Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Presents Erika Ardianto, Lia Mustafa, Rosie Rahmadi Homme X Txture, Wignyo, Andy Sugix, AM by Anggia Mawardi, Samsuga, dan Raegita Zoro.

 

Dalam perhelatan ini diselenggarakan pula pelantikan anggota baru Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jakarta Chapter. Yaitu Iyonono, Rizka Ade, Louie, Maya Yusufina, Fatmah Suudiyah, dan Kaylalee. Seluruh kegiatan JFT 2023 dapat disaksikan secara daring melalui siaran langsung pada kanal Instagram Live dan Youtube @JAKARTAFASHIONTREND. (Nur A | Dok. JFT)