Sambut Hari Gizi Nasional, Tokopedia Dorong Konsumsi Makmin Sehat Bergizi

 

Sejak pandemi, kesadaran hidup sehat semakin meningkat. Tokopedia mencatat makanan dan minuman (makmin) sehat semakin diburu masyarakat. “Jus lemon, biji-bijian seperti chia, granola, madu, hingga sereal menjadi beberapa makmin sehat paling laris di Tokopedia sepanjang 2022,” ujar Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia.

 

Menyambut Hari Gizi 2023, Tokopedia melalui kampanye Tokopedia Nyam! membantu UMKM lokal makmin sehat dari seluruh daerah di Indonesia menjangkau pasar lebih luas. Inisiatif Hyperlocal juga terus digencarkan ​​untuk mendekatkan penjual-termasuk di industri makmin sehat-dengan pembeli di mana pun mereka berada.

 

BACA JUGA:

Si Manis Nikmat yang Bisa Bikin Gawat

Pentingnya Deteksi Risiko Anemia Defisiensi Besi

 

“Contoh manifestasinya, ada Kumpulan Toko Pilihan (KTP) untuk membantu UMKM memperluas jangkauan pasar di dalam kota dan sekitarnya. Selain itu, ada Dilayani Tokopedia agar UMKM bisa menjangkau pembeli di luar kota,” jelas Ekhel.

 

Ada pula fitur Bagikan Alamat yang memungkinkan masyarakat mengirim hampers. Termasuk hampers makmin sehat, dengan lebih mudah melalui aplikasi Tokopedia, sehingga tidak perlu memasukkan alamat yang dituju secara manual.

 

 

 

Berkat deretan inisiatif tersebut, Tokopedia mencatat berbagai temuan menarik seputar makmin sehat di 2022. Kampar (Riau), Pringsewu (Lampung), Tabanan (Bali), Dumai (Riau) dan Buleleng (Bali) menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi makmin sehat paling tinggi.

 

Dua UMKM lokal makmin sehat di Tokopedia, Loka Padang (Jakarta) dan Rumah Mocaf (Banjarnegara) juga terus mendukung pemenuhan gizi nasional dan ketahanan kesehatan masyarakat. Irene Umar melalui Loka Padang berinovasi dengan menciptakan berbagai olahan masakan khas Nusantara berbahan dasar nabati atau vegan.

 

 

 

“Kami menggandeng ahli gizi internal untuk memastikan seluruh makanan Loka Padang tetap sehat dan bergizi dengan tidak menggunakan MSG, perasa, pewarna dan pengawet,” tutur Irene yang juga menjadi anggota Jakpreneur. Penjualan Loka Padang juga naik hingga dua kali lipat sejak bergabung di Tokopedia.

 

Riza Azyumarridha Azra, pendiri Rumah Mocaf, menggandeng ratusan petani singkong untuk membuat modified cassava flour (mocaf) bebas gluten. Tepung mocaf kemudian diolah menjadi berbagai makanan yang lebih sehat, misalnya, mi, cookies dan banyak lagi.

 

“Berkat Tokopedia, produk Rumah Mocaf yang dipasarkan dengan merek Mocafine bisa dikenal lebih banyak masyarakat. Bahkan jumlah transaksi toko bisa naik 25 kali lipat di 2022,” ujar pria yang juga telah memasarkan produknya ke 11 negara ini.