Hadirnya Jagad Gallery di Jakarta

Jagad Gallery resmi membuka cabang yang berlokasi di Wisma Geha, Lt 2, Jl. Timor 25, Menteng, Jakarta Pusat (28/1/2023). Pada momen peresmian ini, Jagad Gallery turut menampilkan beberapa koleksi karya seni dalam acara yang bertajuk 'Ungkap Jagad'.

 

Acara ini memamerkan 13 karya seniman dari perua kontemporer. Beragam karya seni yang ditampilkan seperti karya lukis, gambar, patung, dan lain-lain. Para seniman datang dari berbagai daerah, beberapa di antaranya berasal dari Bali, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

 

BACA JUGA:

Seniman Perempuan Satu-satunya di Pameran Jagad Gallery Jakarta, Mufti Handayani Kisahkan Arti Karyanya

Art Jakarta Gardens: The Second Edition Sajikan Seni Rupa di Ruang Terbuka

 

 

Sebut saja Awang Behartawan, Pranagung, Ipan Lasuang, Budi Ubrux, dan lainnya. Selain yang berasal dari Tanah Air, ada juga seniman yang berasal dari Denmark dan Jerman.

 

“Jagad Gallery menerapkan asas penemuan dan kenyamanan kepada calon pembeli atau bakal pengoleksi karya-karya seniman 'pinggiran' itu. Dengan demikian ada rasa percaya di antara kedua belah pihak bahwa harga mahal karya-karya seniman 'pinggiran' atau 'pusat' itu bukan soal yang tidak bisa ditawar.

 

Kesamaan dapat disepahami bersama sebagai soal sudut pandang nilai atau menilai benda seni yang sangat bergantung pada pengetahuan dan pengenalan masing-masing,” ungkap Rambat, pendiri Jagad Gallery.

 

 

Jagad Gallery sendiri sudah ada sejak tahun 2015 di Seminyak, Bali. Jagad Gallery beroperasi dengan mengangkat seniman-seniman “pinggiran” yang belum dikenal luas di “arus utama” dunia seni rupa Indonesia. Hal ini mendorong para pendirinya untuk bekerja sama dengan para seniman dan tumbuh bersama, membangun kepercayaan dan kesejahteraan bersama.

 

Keinginan Rambat ternyata selaras dengan banyak visi dan misi dari teman-teman penghayat seni rupa di Jakarta. Jadi seperti gayung bersambut, pameran dan pembukaan Jagad Gallery ini mudah-mudahan akan memberikan satu kontribusi tidak hanya panggung kreativitas bagi perupa-perupa di Indonesia.

 

“Galeri Pembukaan Jagad dapat menjadi satu kesempatan bagi kolektor dan sesama galeri untuk bekerja sama demi seni rupa kontemporer Indonesia. Saya kira itu yang menjadi visi baik dari Jagad Gallery,” ungkap Wahyudin selaku kurator acara.