Perayaan Halloween di Kota Asal Drakula

Mendekati bulan-bulan terakhir tahun 2023, masyakat bukan hanya menanti perayaan tahun baru, tapi juga Halloween. Jatuh pada bulan Oktober, Halloween selalu masuk dalam perayaan paling meriah di berbagai belahan dunia. Di antara sekian banyak negara, salah satu yang mengadakan perayaan besar setiap tahunnya adalah Rumania.

 

Berbeda dengan negara-negara lain yang umumnya menggelar Halloween di jalan-jalan utama dan berkeliling dari rumah ke rumah, perayaan di Rumania berpusat Kastil Bran dan Transilvania.

 

Dibangun pada tahun 1377, kastil ini mulanya didirikan sebagai benteng pertahanan untuk melindungi wilayah Transilvania. Namun, setelah dihuni oleh Vlad the Impaler kastil ini justru dikenal sebagai rumah drakula. Vlad III atau Vlad Țepeș yang juga dikenal sebagai Vlad the Impaler adalah seorang penguasa pada abad pertengahan di Wallachia, wilayah yang sekarang menjadi Rumania selatan. Dia lahir sekitar tahun 1430 di Transylvania. Hobinya menghukum puluhan ribu orang dengan cara keji membuatnya dijuluki sebagai drakula yang haus darah.

 

 

Baca Juga:

Summarecon Villaggio Outlets Hadirkan Pengalaman Belanja Outlet Autentik

Pameran Jakarta Watch Exchange 3.0 Dinantikan Para Pencinta Jam Tangan Mewah

 

 

Sejak meninggalnya Vlad Țepeș, kastil ini menjadi salah satu destinasi Halloween yang banyak dikunjungi wisatawan baik lokal hingga mancanegara. Berbagai kegiatan menarik berlangsugng di benteng megah yang satu ini. Salah satu kegiatan yang sayang untuk dilewatkan saat merayakan Halloween di benteng bergaya gotik ini adalah pesta kostum. Erat kaitannya dengan drakula, wisatawan yang hadir umumnya akan menggunakan busana hitam dan berbagai aksesoris seperti drakula.

 

Dilansir dari Travel+Leisure, saat perayaan Halloween kastil biasanya akan dibuka mulai dari jam 9:00 pagi hingga 4:00 sore. Pada waktu-waktu tersebut, wisatawan akan diajak tur mengelilingi wilayah kastil. Dengan keadaan kastil yang masih terang benderang, di masa kunjungan ini anak-anak diperbolehkan masuk dan mengikuti kegiatan tur.

 

Namun, di jam 7:00 malam, kastil hanya bisa disambangi oleh wisatawan dewasa. Selain pesta kostum, perayaan Halloween di jam malam ini juga diisi dengan makan malam khas yang hanya bisa ditemui di Kastil Bran.

 

 

 

 

Setelah puas menikmati tur di kastil bersejarah tersebut, kita juga bisa berkunjung ke kastil lain yang tidak kalah memukau, yakni Kastil Corvin. Sempat dijadikan penjara untuk Vlad Țepeș selama tujuh tahun, kastil ini pun kerap mengadakan perayaan Halloween yang meriah. Berisi lebih dari 50 ruangan yang dihiasi karya seni dan furnitur abad pertengahan, kastil ini merupakan salah satu kastil terindah di Rumania dan masuk dalam deretan yang terbesar di Eropa.

 

Selain mengunjungi kastil-kastil besar yang mengadakan Halloween secara besar-besaran, kita juga bisa menambangi Sighisoara, sebuah kota di Provinsi Mureş, Rumania yang menjadi tempat masa kecil Vlad the Impaler. Terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, kota ini menyajikan pengalaman Halloween yang tidak kalah menarik dengan mengunjungi jejak-jejak sang drakula.

 

Dipadukan dengan pemandangan kota yang sangat indah, arsitektur kastil abad pertengahan, dan kota tua yang menawan, Transylvania menjadi destinasi Halloween yang tidak terlupakan.