Pamerkan Produk Lokal

Paviliun Indonesia turut merayakan Hari Kemerdekaan ke-50 Uni Emirat Arab (UEA) dengan ikut serta di ajang Expo 2020 Dubai. Selain menjadi bentuk kerjasama, keikutsertaan ini juga merupakan upaya mempererat persahabatan kedua negara. Dalam kesempatan ini, Paviliun Indonesia menampilkan aneka produk lokal yang ramah lingkungan.

 

Selain menggunakan bahan daur ulang, bahan-bahan yang berasal dari kekayaan alam Indonesia juga turut dimanfaatkan. Kebanyakan produk yang ditampilkan adalah para pemenang Good Design Indonesia (GDI) yang menggunakan bahan baku dari rumput, atau limbah kayu. Seperti produk kontainer yang terbuat dari rumput purun danau yang dimanfaatkan sebagai bahan anyaman yang menarik.

 

Selain itu, ada pula pensil yang terbuat dari perpaduan limbah kayu dan timah. Aneka produk GDI lain yang dapat ditemukan di Rolling Exhibition Paviliun Indonesia adalah produk fesyen, home décor, hingga alat-alat elektronik. Tidak hanya menampilkan produk-produk lokal, Paviliun Indonesia juga mengadakan acara musik dan tari khas Tanah Air, serta menayangkan video khusus sebagai rangkaian perayaan tersebut.

 

“Gelaran Expo 2020 Dubai telah membuka kesempatan untuk para pelaku usaha Indonesia memamerkan aneka produk lokal yang tidak kalah saing dengan produk-produk luar. Apalagi aneka produk lokal yang dipamerkan menggunakan bahan baku ramah lingkungan sehingga kita dapat menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia dapat tetap berinovasi dengan kekayaan alamnya yang melimpah tanpa harus merusak lingkungan,” tutur Didi Sumedi, Komisioner General Paviliun Indonesia.

 

Di minggu ke-11, Paviliun Indonesia dimeriahkan dengan pertunjukan angklung yang diadaptasikan dengan musik elektronik. Pertunjukan musik tersebut dikolaborasikan dengan kendang dan tarian tradisional dari Jawa Barat. Pertunjukan budaya ini dibawa langsung untuk ditampilkan di Paviliun Indonesia oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Institut Seni Budaya (ISBI) Bandung.

 

Indah | Dok. Paviliun Indonesia