Analisis Tidur Berkualitas ala Samsung Galaxy Watch 4 Series

 

Sering merasa lelah dan pening di pagi hari, bahkan di malam hari ketika Anda sudah cukup tidur? Ini adalah pengalaman yang membuat frustrasi, tetapi mungkin ada penjelasan sederhana. Anda memiliki kualitas tidur yang buruk. Kualitas tidur yang buruk dapat mengganggu fokus, memperburuk suasana hati, bahkan sering dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit Alzheimer.

 

Mencari tahu bahwa Anda tidak cukup tidur itu mudah. Mencari tahu mengapa tidur tidak nyenyak lebih sulit, tetapi tentu saja dapat dicapai. Dilansir dari Sleep Foundation, ada beberapa tanda kurangnya kualitas tidur Anda. Di antaranya jika Anda butuh waktu lebih dari 30 menit untuk tidur setelah berada di ranjang, sering kali terbangun setiap malam, dan kerap terjaga selama lebih dari 20 menit saat bangun di tengah malam.

 

Kini, banyak wearable yang menawarkan fitur sleep analysis, seperti Samsung Galaxy Watch 4 series. Selain memberikan data lebih kaya dan metrik yang diambil pada malam hari, jam tangan pintar satu ini bisa diandalkan untuk memberi tahu tentang waktu tidur Anda.

 

 

Sebelum merinci apa yang dapat dilacak Samsung saat Anda tidur, mari kita bahas terlebih dahulu cara melacak tidur Anda. Smartwatch ini melakukannya dengan cara seperti kebanyakan jam tangan pintar lainnya. Yakni dengan menggunakan sensor gerak akselerometer onboard dan algoritmenya sendiri untuk mendeteksi ketika Anda berhenti bergerak di tempat tidur serta memejamkan mata.

 

Samsung Galaxy Watch 4 series juga menggunakan sensor ekstra, seperti detak jantung dan sensor SpO2 untuk melacak data biometrik tambahan. Anda pun dapat menggunakannya untuk mendeteksi dengkuran saat tidur. Jika lupa melacak tidur malam, Anda dapat pula merekam secara manual dari aplikasi ponsel Samsung Health. Cukup buka tile Sleep (Tidur) di aplikasi dan gulir ke bawah untuk opsi Tambahkan Catatan Tidur.

 

BACA JUGA:

Kenali Karakter Tidur dengan Fitur Sleep Tracker Samsung Galaxy Watch 4

 

Di mana bisa melihat data tidur pada Samsung Galaxy Watch 4 Series?

Di jam tangan pintar, ada tile (widget) khusus untuk meninjau tidur malam terakhir Anda. Jika ingin menggali data lebih dalam, Anda harus mengunduh aplikasi Samsung Health ke ponsel. Fitur ini terpisah dari aplikasi utama Samsung Galaxy Wearable yang Anda perlukan terlebih dahulu untuk mengatur jam tangan pintar Samsung Anda.

 

Apa yang bisa dilacak Samsung Galaxy Watch 4 Series saat tidur?

Durasi tidur, kalori yang terbakar, waktu tidur aktual adalah sedikit dari fitur yang disematkan pada Samsung Galaxy Watch 4 series. Smartwatch ini pun memiliki fitur untuk melacak tahapan tidur (bangun, REM, Ringan, Pulas) yang digambarkan pula dalam bentuk bagan. Terdapat pula pengukuran oksigen darah saat tidur dan konsistensi tidur jika Anda menggunakannya selama beberapa waktu.

 

Ingin#turnonthebestyou dengan Galaxy Watch4 Series? Tersedia cashback sebesar Rp200.000 untuk pembelian hingga 31 Maret 2022 mendatang. Untuk Galaxy Watch 4 tersedia dalam ukuran 40mm dan 44mm, sedangkan Galaxy Watch 4 Classic tersedia dengan pilihan ukuran 42mm dan 46mm, diibanderol dengan harga mulai dari Rp2.999.000 sampai Rp4.999.000. Jadi tunggu apalagi?