Natural Peaceful Home

 

Idealnya rumah harus menjadi tempat perlindungan ternyaman, tenang, hangat, dan inviting untuk melepas lelah di penghujung hari. Terutama ketika kita sudah banyak beraktivitas di rumah. Ada beberapa cara untuk membuat rumah atau apartemen menjadi lebih tenang dan nyaman untuk ditinggali. Berikut di antaranya yang dapat diterapkan.

 

Pencahayaan yang Baik

Cahaya alami matahari serta sumber lampu berkualitas membuat ruang lebih terang bersinar dan memberikan ketenangan. Cahaya yang tersebar dan termodulasi dengan baik adalah awal yang bagus untuk menciptakan ruang agar terasa lebih santai. Jika memungkinkan, perhatikan kehangatan temperatur lampu dengan kilau keemasan dan agak redup untuk menciptakan suasana hangat. Bisa ditambah cahaya ambient menenangkan yang dapat disesuaikan untuk berbagai fungsi dan waktu.

 

 

Pemandangan Luar Ruangan

Pepohonan dan sentuhan hijau tumbuhan memang memiliki efek menenangkan pada suasana hati. Meskipun kita menghabiskan sebagian besar aktivitas di dalam ruangan, lingkungan luar tetap memengaruhi pengalaman dan perasaan di rumah. Oleh karena itu, jangan lupa meletakkan tanaman hijau di rumah atau memberikan bukaan jendela yang menampakkan tumbuh-tumbuhan kesayangan.

 

BACA JUGA:

Memasak Jadi Sebuah Pengalaman yang Menyenangkan

Rumah Impian Dimulai dari #SatuSudutDulu

 

Palet Warna Lembut

Permainan warna merupakan salah satu hal termudah untuk menciptakan dan memanipulasi suasana hati dalam suatu ruang. Hal itu karena warna dapat bekerja pada suasana hati dengan cara yang jelas. Misalnya, warna-warna cerah memberi energi, sedangkan warna yang lebih pucat akan menenangkan. Gunakan earth color atau dusty color yang tidak menyilaukan. Misalnya warna merah muda pucat atau marigold yang mencerminkan kehangatan matahari. Pilihan warna kain antara lain putih, krem, latte, sage dan lavender.

 

 

Pengaturan Ruang

Rapikan penataan ruangan terlebih dahulu, singkirkan perabotan yang menumpuk, baru kemudian mengatur ulang. Ruang yang telah ditata, diatur, atau didekorasi dengan balance akan menjadi lebih memiliki aliran, sehingga energi kita mengalir secara alami.

 

Pengindraan Ruang

Aroma, sentuhan, dan suara adalah elemen yang dapat menciptakan ketenangan sama pentingnya dengan desain visual ruangan. Tekstur kain misalnya, dapat membantu melibatkan indra peraba dan mengharuskan otak kita untuk menikmati tekstur di ujung jari. Semakin kita melibatkan indra, maka akan semakin memengaruhi suasana hati. Tempatkan lilin aromaterapi dan putar musik menenangkan untuk mengatur pikiran lebih rileks. Bisa juga dengan memasang sesuatu yang memperdengarkan suara gemericik air, seperti akuarium kecil di ruang tamu utama.