Tech-Free Home

 

Di dunia modern, kita dibombardir setiap hari dengan begitu banyak perangkat teknologi yang berbeda. Salah satu istilah yang sempat ramai dibicarakan dalam dunia desain interior sejak tiga tahun terakhir adalah ‘detoks digital’. Tampaknya kita menjadi semakin sadar akan pengaruh teknologi sekarang tidak hanya atas kehidupan kerja, tetapi juga kehidupan rumah kita.

 

Walaupun sejak pandemi kehidupan terasa semakin dekat dengan gadget, dan hidup tanpa teknologi kian sulit dibayangkan, ternyata banyak keluarga mulai mendambakan area dan waktu untuk ‘terlepas dari teknologi’. Di negara-negara Eropa, sudah banyak keluarga memilih tidak menyediakan alat elektronik apa pun baik televisi maupun home theater di ruang keluarga.

 

Alasannya, agar kebersamaan terjalin lebih dalam antar-anggota keluarga. Sebab, meskipun ruang tengah tanpa televisi akan membuat anak-anak bosan, fakta menunjukkan bahwa terlalu banyak teknologi di area tersebut berisiko merenggangkan hubungan dan kehidupan sosial. Terbukti, ruang-ruang di rumah bisa terasa lebih hangat meskipun tanpa gadget.

 

 

BACA JUGA:

Natural Peaceful Home

Dekorasi & Ornamen Rumah Buatan Lokal

 

Saat memikirkan detoksifikasi digital, tidak harus seekstrem memutus aliran listrik kabel dari setiap perangkat. Namun, bisa berupa hal-hal kecil yang dapat dilakukan dalam gaya hidup serta dekorasi rumah yang dapat menjauhkan layar selama beberapa saat selama rutinitas harian tersebut. Di mana saja bisa kita terapkan hal ini?

 

Kamar Tidur Senyap

Kamar tidur harus selalu bisa menjadi oasis ketenangan agar kita dapat menghilangkan stres di akhir hari. Hindari memasang layar televisi di kamar tidur, dan pastikan untuk menyimpan ponsel di luar kamar saat hendak tidur. Dengan demikian, kita akan terhindar dari godaan membaca pesan di pagi hari dan terakhir di malam hari. Tempatkan lampu samping tempat tidur di dekat bantal, dan hidupkan kembali kebiasaan membaca buku yang bagus sebelum tertidur. Karena penelitian dari University of Sussex menunjukkan bahwa membaca minimal enam menit sehari cukup untuk mengurangi tingkat stres.

 

Ruang Keluarga

Inilah ruangan yang dimanfaatkan untuk menjalin kebersamaan dengan keluarga. Televisi bisa saja diletakkan di area ini, namun tempatkan pada rak yang bisa ditutup dan disimpan sehingga tidak perlu ditampilkan setiap saat. Sofa-sofa besar yang empuk bisa menjadi tempat nyaman untuk menghabiskan hari.

 

 

Ruang Menyepi

Ciptakan ruang ‘zona bebas teknologi’ khusus sebagai tempat Anda dapat membaca, menulis, bermeditasi, bermain musik, meregangkan tubuh atau hanya duduk diam selama beberapa saat. Sangat penting bahwa tempat ini memiliki ventilasi yang baik untuk relaksasi.

 

Taman Indah

Kita bisa rehat dari pekerjaan, kemudian melangkah ke area kebun dan menghirup udara segar. Amati tanaman hijau menyegarkan mata yang tumbuh, atau buat taman dapur kecil untuk menanam rempah, cabai, tomat, dan lain sebagainya. Tidak harus selalu di halaman rumah, bisa juga memanfaatkan balkon yang dindingnya dipasangi rak tanaman dan letakkan bangku untuk duduk bersantai menikmati secangkir teh.