Supermarket Metaverse Pertama di Indonesia

Ranch Market memperkenalkan Pasarina by Ranch Market, brand baru dari Ranch Market belum lama silam. Yaitu supermarket lokal premium pertama di Indonesia yang mengadaptasi brand metaverse dengan konsep unik dan berbeda di Jakarta. Store pertama Pasarina by Ranch Market berlokasi di Sarinah, pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang berstatus cagar budaya.  Pasarina mengangkat produk lokal berkualitas tinggi serta siap memberikan pengalaman berbelanja menarik melalui interaksi digital dengan nuansa budaya dan tradisi Indonesia.

 

Sebagai pionir brand metavese di Indonesia, di Pasarina masyarakat akan merasakan exciting new experience lewat interaksi digital menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) dengan Computer Vision. Yang mampu memberikan pemahaman atas lokasi 3 dimensi dan memberikan koordinat pengguna serta teknologi laser scanning 3 dimensi untuk melakukan scanning terhadap lokasi secara 3 dimensi.

 

Adanya Guidebot, layaknya personal assistant akan menuntun pengunjung secara one on one untuk mengetahui lokasi dan promosi terbaik produk yang diinginkan. Melalui bantuan robot dengan teknologi Augmented Reality; fungsi search mengarahkan pengunjung mencari posisi produk tanpa harus menunggu karyawan toko. Saat ini ada 10 destinasi utama untuk fungsi Guidebot dan akan berkembang mengikuti seluruh category di dalam store.

 

Pengunjung dapat memindai QR Codeyang akan menuntun pengunjung pada product knowledge interaktif lewat Augmented Reality dan akan hadir benda-benda virtual 3 dimensi maupun virtual product knowledge untuk memberikan informasi produk.  Gamification memberikan proses belanja baru yang menarik dalam dunia digital dengan games maupun aktivitas menarik lainnya lewat penggunaan Virtual Reality. Sehingga pengunjung dapat menikmati pengalaman “belanja sambil bermain”.

 

 

Baca Juga:

Blast Those Beats: Rayakan Gaya Hidup Sehat

Uniqlo Adakan Festival Olahraga Terbesar untuk Semua

 

Pasarina by Ranch Market menghadirkan teknologi terkini untuk memberikan shopping experience yang menyenangkan bagi pelanggan. Nantinya semua ini hanya dapat dinikmati dengan mengakses aplikasi TRUST Live.  Ke depannya, aplikasi TRUST Live juga akan tersedia untuk brand lain milik PT Supra Boga Lestari, Tbk seperti Ranch Market, Farmers Market, The Gourmet, Farmers Family dan Day2Day. Fitur brand metaverse Trust Live ini di-develop dan dipersiapkan khusus oleh Metaverse Studio Indonesia untuk Ranch Market Group. Sebagai bagian dari Blibli.com, virtual shopping produk Pasarina dapat dilakukan dengan mudah di portal e-commerceBlibli.com. Sehingga masyarakat memiliki pilihan untuk kenyamanan berbelanja langsung di physical store maupun berbelanja dari rumah.

 

“Ranch Market Indonesia mengundang masyarakat untuk merasakan exciting shopping experience dengan interaksi digital di Pasarina by Ranch Market di gedung Sarinah yang ikonik.  Temukan produk lokal Indonesia berkualitas tinggi dalam nuansa budaya dan tradisi luhur Indonesia berpadu dengan teknologi. Mari kita dukung produk lokal serta perekonomian komunitas masyarakat penghasil produk di pelosok Indonesia dengan cara bangga membeli produk Indonesia,” ujar Maria Suwarni, Chief of Merchandising and Marketing Officer PT Supra Boga Lestari, Tbk.

 

Fetty Kwartati, Direktur Utama PT Sarinah melanjutkan, "Konsep supermarket metaverse pertama di Indonesia oleh Pasarina menguatkan kembali Sarinah sebagai pusat belanja modern pertama di Indonesia. Ini sesuai dengan kontemporerisasi Sarinah sebagai destinasi yang adaptif terhadap perubahan jaman, namun juga tetap berkenan bagi lintas generasi. Sarinah dalam konsep transformasi bisnisnya juga merekatkan teknologi dalam ekosistem bisnis dan brandnya. Kami mengapresiasi inovasi tenant dan mitra Sarinah dalam mengembangkan usahanya dan terus menyempurnakan layanannya untuk para konsumen". (Elly | Foto: Fok. Pasaribu)