Fascinator dan Perjalanannya

Memiliki kepribadian menarik, mengenakan busana, tas, hingga alas kaki yang mewah, penampilan Kate Middleton memang selalu menyita perhatian. Tidak terkecuali hiasan kepala atau yang dikenal dengan fascinator. Selain untuk mempercantik penampilan, bagi keluarga kerajaan fascinator merupakan bagian dari tradisi turun-temurun.

 

Meski lekat dengan kerajaan, seiring berjalannya waktu, penggunaannya menjadi lebih luas dan simbol yang menunjukkan kelas sosial seseorang. Salah satunya adalah digunakan oleh para bangsawan ketika menghadiri acara penting, pernikahan, dan perhelatan pacuan kuda.

 

Fascinator sendiri berasal dari kata Latin fascinare yang berarti mempesona. Sementara, penggunaan istilah ini sendiri populer pada akhir abad ke-20. Kala itu, tampilan aksesori ini terinspirasi dari cocktail hat yang muncul lebih dulu.

 

Pada awal kemunculannya pada tahun 1600-an, mode perempuan Inggris mendapat pengaruh dari gaya Prancis. Salah satunya adalah penampilan istri Charles I, Henrietta, dari Prancis yang menyanggul rambutnya dengan menyisakan beberapa helai rambut di bagian samping.

 

Baca Juga:

Sejauh Mata Memandang Hadir di Artjog 2022

Mural Unik di Jalan Kendal Padukan Dewa Petir Thor dan Ondel-Ondel

 

Seiring berjalannya waktu pada 1980-an, Stephen Jones dan Philip Treacy, pembuat topi yang berbasis di London mempopulerkan fascinator dengan tampilan yang kita kenal saat ini. Karya-karya mereka umumnya dibuat untuk kalangan bangsawan dengan desain yang begitu menawan. Dikenakan di atas kepala, penggunaan fascinator akan memberikan kesan lebih tinggi pada penggunanya.

 

Salah satu momen fascinator banyak digunakan adalah ketika pernikahan Pangeran William dan Catherine Middleton pada April 2011 lalu. Sebut saja Putri Beatrice. Menjadi salah satu yang termahal di dunia, hiasan kepala Putri Beatrice tersebut dibanderol dengan harga US$133.600 atau setara Rp1,9 miliar. Didesain oleh Philip Treacy, aksesori yang satu ini terbuat dari mohair lilin Irlandia putih buatan tangan.