Kampanye Edukasi #AyoMinumBuah untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Selama dua dekade terakhir, kemunculan penyakit infeksi baru berupa wabah penyakit menular terus meningkat. Apalagi Indonesia merupakan salah satu ‘hotspot’ di Asia Tenggara dengan risiko pandemik penyakit infeksi baru.

 

Di tengah tingginya ancaman kesehatan tersebut, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) terus menggiatkan konsumsi buah masyarakat Indonesia yang saat ini masih terbilang rendah. Melalui Buavita, PT Unilever Indonesia, Tbk. turut mendukung upaya tersebut dengan mengadakan kampanye #AyoMinumBuah.

 

 

Buavita ingin mendorong masyarakat meningkatkan konsumsi harian buah bagi kesehatan dan daya tahan tubuh. Kampanye ini juga menjadi sarana edukasi mengenai proporsi konsumsi buah yang ideal kepada masyarakat, salah satunya dibantu dengan minum jus buah setiap hari. 

 

Ari Astuti, Head of Marketing Nutrition Indonesia, PT Unilever Indonesia, Tbk. menyampaikan, “Sejalan dengan pilar strategi ‘The Unilever Compass’, yaitu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, Buavita dengan brand purpose ‘Delightful Nutrition, Powered by Fruits’ berkomitmen memberikan akses nutrisi buah kepada masyarakat dengan cara yang praktis dan menyegarkan, sekaligus menyuarakan pentingnya konsumsi buah demi tubuh yang lebih sehat dan hidup yang lebih berkualitas.”

 

BACA JUGA:

tiket.com Kembali Hadirkan Jagoan Pariwisata

IPEX Bantu Wujudkan Rumah Impian

 

Imran Agus Nurali, Sp.KO selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kemenkes RI mengungkapkan penting buah untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Namun nyatanya, konsumsi buah masyarakat masih jauh dari cukup. Rata-rata konsumsi buah di Indonesia tahun 2020 baru mencapai 88,56 gram/kapita/hari, bahkan turun sebesar 1,4% dibanding 2019. Menyikapi hal ini, Pemerintah giat menyebarluaskan pedoman ‘Isi Piringku’ untuk mengedukasi tentang porsi buah yang ideal, yaitu 1/6 dari isi piring kita atau 2 sampai 3 porsi buah setiap harinya, yang salah satunya dapat dibantu dengan minum jus buah. Muatan edukasi seperti inilah yang akan terus digaungkan melalui kampanye #AyoMinumBuah.

 

Nirina Zubir, Aktris dan Pegiat Gaya Hidup Sehat berbagi pengalaman, “Percaya akan kekuatan buah, aku selalu menularkan kecintaan akan buah ke orang-orang sekitar, terutama anak-anakku. Sejak dulu aku mengenalkan bermacam-macam buah dan mengajarkan aneka manfaat buah sehingga sekarang mereka jadi suka banget sama buah dan rajin makan buah tanpa dipaksa. Kalaupun aku nggak sempat menyiapkan buah, Buavita selalu jadi andalan untuk bantu penuhi kebutuhan konsumsi buah harian keluarga. Happy banget sama dampaknya, keluargaku jadi nggak gampang sakit meskipun kita sudah kembali aktif berkegiatan di luar rumah.”

 

 

Semarak kampanye #AyoMinumBuah telah dimulai di bulan Juli sebagai bentuk peringatan momen Hari Buah Sedunia tanggal 1 Juli. Melalui berbagai kegiatan menarik yang telah menjangkau lebih dari 24.000 masyarakat, Buavita sukses menjadikan bulan Juli sebagai Bulan Buah. Salah satunya dengan menghadirkan instalasi “Giant Fruit Buavita” di area Gelora Bung Karno selama 15-17 Juli 2022, dan telah mengedukasi sekitar 9992 orang mengenai buah sambil menikmati kesegaran Buavita sebagai pelengkap gaya hidup sehat mereka. 

 

Kegiatan lainnya adalah sesi Instagram Live yang diikuti oleh lebih dari 14.700 orang untuk mengedukasi pentingnya mengonsumsi buah setiap hari, serta berbagi resep kreasi minuman dan cemilan buah yang mudah diaplikasikan di rumah. Dalam waktu dekat, Buavita juga akan mengadakan kunjungan ke sejumlah Sekolah Dasar di wilayah Jabodetabek untuk membantu menanamkan kebiasaan mengonsumsi buah setiap hari sejak usia dini.