Bertemu Kembali 62 Sosok Penggerak Jakarta

Ibu Ibukota Awards 2022

 

Ibu Ibukota Awards (IIA) 2022 membawa suasana baru dengan mempertemukan kembali 62 sosok tahun 2019-2021. Mengangkat tema #BertemuKembali, para sosok yang selama ini menemani tumbuhnya gerakan #AksiHidupBaik diberikan ruang lebih luas untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak. Kegiatan kolaborasi ini terbuka untuk berbagai pihak yang ingin bekerja sama dengan IIA dan digelar sepanjang Agustus hingga September 2022.

 

Pada acara Menuju Ibu Ibukota Awards 2022 yang digelar di Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta beberapa waktu lalu, Fery Farhati, Penggagas IIA mengatakan, “Setiap tahun, gerakan para sosok Ibu Ibukota ini terus berkembang dan semakin luas dampaknya. Kami sangat berharap manfaat dari gerakan #AksiHidupBaik para sosok ini bisa dirasakan oleh semakin banyak pihak.”

 

Dia menambahkan bahwa IIA terbuka dengan berbagai bentuk ajakan kerjasama dari masyarakat, media, komunitas, maupun swasta. Bentuk kolaborasi yang bisa melibatkan sosok Ibu Ibukota, antara lain pelatihan/lokakarya, bincang inspiratif, ataupun proses kreatif lainnya, seperti pembuatan ilustrasi, komik, pemotretan, video musik, dan lain sebagainya.

 

BACA JUGA:

Mengapresiasi Lima Perempuan Inspiratif

Ibu Ibukota Awards 2021 Umumkan 21 Sosok Penggerak Literasi Jakarta

 

Sebelum memulai bulan kolaborasi, IIA 2022 mengawali kegiatannya dengan menggelar ‘TEMALI (Temu Kembali) Ibu Ibukota’. Ini menjadi momen pertama para sosok tahun 2019-2021 bisa bertemu secara langsung, bertukar gagasan, hingga membuat rencana kolaborasi lintas angkatan dan lintas bidang gerak.

 

Para sosok juga telah mengikuti kegiatan ‘BEKALI (Belajar Kembali) Ibu Ibukota’ untuk melengkapi pengetahuan mereka, agar lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan dan karakteristik masyarakat di lapangan. Termasuk menjadi pionir yang mendorong lahirnya sosok perempuan-perempuan inspiratif lainnya di Jakarta. Mereka diminta untuk memilih paket kelas yang paling sesuai dengan kebutuhan dan diajar para mentor berpengalaman di bidangnya. Kelas yang disiapkan, antara lain Kelas Bicara, Kelas Bijak, dan Kelas Binar. Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Rasyid Baswedan yang dikenal sebagai pemimpin dengan semangat kolaborasi juga turut serta memberikan materi keterampilan mentorship.

 

Kelas Bicara yang dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi dengan materi public speaking yang dibawakan oleh Hilbram Dunar, lalu dilanjutkan dengan materi kolaborasi cerdas oleh Marulina Dewi. Kelas Bicara mendorong setiap sosok untuk semakin terampil dalam bercakap dan berkolaborasi dengan berbagai pihak sebagai upaya memperluas gerakan #AksiHidupBaik.

 

Fery Farhati, penggagas Ibu Ibukota Awards

 

Selain itu para sosok Ibu Ibukota belajar pemecahan masalah dan manajemen diri di Kelas Bijak. Ada dua mentor yang membagikan ilmu dan pengalamannya kepada para sosok, untuk semakin bijak menghadapi tantangan di masyarakat. Yakni Ibu Mahariah Sandre, pendiri Yayasan Rumah Literasi Hijau yang membawakan materi pemecahan masalah. Sedangkan materi manajemen diri dibawakan oleh sosok penulis, pembicara publik, dan life coach, Bapak René Suhardono.

 

Melalui kelas Binar sosok Ibu Ibukota melanjutkan kegiatan Belajar Kembali (BEKALI), kelas ini juga merupakan rangkaian akhir dari BEKALI. Setiap sosok berkesempatan untuk mempelajari tentang etiket dan citra personal dalam melaksanakan #AksiHidupBaik. Kelas Binar didampingi oleh dua mentor yang andal, yaitu Alfia Wardah dan Iwet Ramadhan.

 

“Pada kelas Bicara saya menyampaikan bahwa dalam kehidupan ini terdapat dua pilihan risiko yaitu menjadi yang dapat diterima atau ditolak, semua tergantung pada bagaimana kita menyampaikan sesuatu, agar orang dapat mengerti dan melakukan apa yang kita minta. Saya terkesan, karena ketika menyampaikan materi tentang public speaking, para sosok Ibu Ibukota ini begitu antusias mendengarkan dan membawa tantangan yang mereka temukan di lapangan untuk dibahas bersama di dalam kelas,” ujar Hilbram Dunar sebagai salah satu pengajar BEKALI.

 

BACA JUGA:

Sri Sintawati: Pengabdian Tanpa Batas

Rohani: Berdayakan Perempuan Manfaatkan Tanaman Pangan

 

Pada bulan Agustus-September gerakan #AksiHidupBaik Ibu Ibukota juga akan berkolaborasi bersama beberapa kegiatan, seperti pameran Ini Jakarta, Dekranasda Week Festival, serta berbagai webinar & bincang inspiratif bersama komunitas dan media seputar #AksiHidupBaik yang dilakukan. Puncak rangkaian kegiatan dan kolaborasi Ibu Ibukota Awards 2022 dirayakan pada Momen Apresiasi yang akan digelar pada bulan Oktober 2022, sebagai rasa terima kasih dan syukur atas apa yang telah dilakukan bersama untuk kota Jakarta.

 

Ibu Ibukota Awards 2022 hadir tidak hanya mempertemukan 62 sosok untuk #BertemuKembali, melainkan juga menjadi wadah kolaborasi dengan berbagai pihak agar Ibu Ibukota mendapatkan ruang untuk berbagi ilmu dan keterampilan. Kirimkan rencana kolaborasi Bagi yang berminat di bulan Agustus - September 2022 ke email [email protected] Mari kita hadirkan kembali semangat kolaborasi dengan mengambil bagian di Ibu Ibukota Awards 2022.

 

Elly | Foto: Dok. Ibu Ibukota Awards 2022