IN2MOTIONFEST Kolaborasi Baru ISEF

 

Hadir dengan nama baru, Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST), Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) semakin mantap menjadikan Indonesia sebagai centre of excellence dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dunia. Sesuai namanya, ajang ini diharapkan memiliki semangat baru untuk membawa karya-karya terbaik industri fashion muslim Indonesia ke skala global.

 

Dalam pelaksanaan IN2MOTIONFEST tahun ini, Bank Indonesia kembali bersinergi dengan Indonesia Fashion Chamber (IFC). Dan turut menggandeng Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI, serta dukungan mitra terkait lainnya. 

 

BACA JUGA:

Pondok Indah Mall III Jadi Venue Baru Jakarta Fashion Week 2023

Muslim Fash Forward Dukungan Tokopedia Majukan Industri Fashion

 

“Kami berharap IN2MOTIONFEST yang mengedepankan penggunaan wastra nusantara dan kain lokal, akan menjadi pengungkit sektor fashion Indonesia dengan keterlibatan aktif para aktor di setiap lini ekosistem fashion dari hulu ke hilir,” ujar Ita Rulina, Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia.

 

Fixy selaku Asisten Deputi Kemitraan dan Perluasan Pasar Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI juga menyampaikan, “Karya-karya fashion muslim terbaik hasil kreativitas pelaku UMKM di Indonesia memiliki inovasi dan kualitas yang tidak kalah dengan desainer luar negeri sehingga layak diberi panggung lebih luas lagi.” 

 

 

Mengusung tema “Local Product, Global Look” IN2MOTIONFEST 2022 mengangkat kearifan lokal busana modest fashion, yang kental dengan wastra dan kain lokal Indonesia. Ajang ini akan dilaksanakan pada 5-9 Oktober 2022 secara hybrid (daring dan luring) bertempat di Assembly Hall, Jakarta Convention Center. Rangkaian kegiatan IN2MOTIONFEST terdiri dari pameran dagang berstandar internasional, fashion show, kompetisi, talkshow, business matching, dan forum diaspora.

 

“Sesuai tema yang diangkat, IN2MOTIONFEST mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal untuk menggerakkan perekonomian lokal dengan mengacu pada inspirasi tren global. Seperti halnya pemakaian wastra Nusantara yang menjadi keunggulan yang membedakan produk fashion muslim Indonesia dengan negara lainnya untuk berkiprah di pasar global. Kekuatan lokal ini sejalan pula dengan prinsip sustainable fashion dan gaya hidup halal dan thayyib,” jelas Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC).

 

BACA JUGA:

JMFW 2023 Angkat Kearifan Lokal ke Kancah Global

Indonesia Now Bawa Karya 6 Desainer ke New York Fashion Week

 

IN2MOTIONFEST 2022 akan menggelar rangkaian fashion show dengan menampilkan 163 desainer fashion dan jenama aksesoris. Untuk memperlihatkan keragaman produk fashion muslim dan aksesoris Indonesia, kategori yang diangkat meliputi ready to wear deluxe & street wear, office wear & cocktail wear (semi formal), dan syar'i evening wear (baju pesta/formal). 

 

Desainer dan jenama yang akan menampilkan karya terbarunya dalam IN2MOTIONFEST 2022, di antaranya Ayu Dyah Andari, Barli Asmara, Nina Nugroho, NY by Novita Yunus & TIRAZ, dan lainnya. Ada pula karya para desainer yang mewakili berbagai asosiasi fashion, yakni Indonesia Fashion Chamber (IFC), Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesian (APPMI), Ikatan Perancang Busana Muslim (IPMI), serta perwakilan dari sekolah-sekolah mode di Indonesia.

 

Tak ketinggalan, Modest Young Designer Competition (MYDC) yang akan kembali diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan IN2MOTIONFEST 2022. Kompetisi ini bertujuan menjaring talenta desainer muda yang kreatif dan inovatif serta memiliki kemampuan sebagai entrepreneur untuk menggiatkan kebelanjutan sektor fashion muslim nasional.

 

Nur A | Dok. ISEF