APR Hadirkan Re-See Jakarta Fashion Week 2023 Collection

 

Produsen serat viscose-rayon berkelanjutan, Asia Pacific Rayon (APR) menggelar "Re-See Jakarta Fashion Week 2023 Collection" sebagai upaya lanjutan komitmen APR dalam mendukung sustainable fashion di Indonesia. Lewat pameran ini, hasil kolaborasi APR bersama lima brand asal Indonesia bertemakan "I Love Viscose" kembali dipamerkan di Jakarta Fashion Hub pada 7-11 November 2022. Kelima brand tersebut, yakni FREDERIKA, Oline Workrobe, BT Batik Trusmi, Geulis, dan everyday sebelumnya telah memamerkan koleksinya pada penyelenggaraan Jakarta Fashion Week 2023 pada akhir Oktober lalu.

 

“Re-See Collection” dihadirkan untuk memberikan akses eksklusif bagi media, member JFH dan publik yang belum menyaksikan koleksi kolaborasi kelima brand tersebut di JFW 2023. Melalui pameran ini, pengunjung dapat melihat dan merasakan secara langsung material serat rayon yang dihasilkan oleh APR dan aplikasinya pada fashion.

 

BACA JUGA:

Koleksi Baur Sejauh Mata Memandang Rayakan Delapan Tahun Berkarya

Kreasi Fashion Kolaborasi Hankook Tire & Handsome 

 

Material utama dalam seluruh koleksi kolaborasi menggunakan serat rayon APR yang mendukung sustainable fashion, karena sifatnya yang biodegradable (mudah terurai), terbarukan, dan berasal dari sumber yang legal dan dapat terlacak. Serat rayon tersebut diaplikasikan oleh para desainer dalam berbagai gaya, mulai dari batik kontemporer, konsep minimalis modern hingga praktikal.

 

Sustainable fashion kini menjadi hal yang sangat critical untuk ekosistem fashion dunia. Oleh karena itu, kami berharap dukungan APR dan wadah kolaborasi yang kami inisiasi melalui Jakarta Fashion Hub bisa turut memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan fesyen Indonesia yang berkelanjutan,” ujar Zoey Rasjid, Head of Marketing Communication Asia Pacific Rayon.

 

 

Pada "Re-See Collection" ini, FREDERIKA memamerkan koleksi batik kontemporer terinspirasi dari kompleks hutan tanaman industri (HTI) berkelanjutan di Riau yang dikelola supplier APR, APRIL Group. Inspirasi ini menjadi simbol keharmonisan antara manusia dengan alam yang dikemas melalui “Sweet Plantation Resort 2023”. FREDERIKA menghadirkan koleksi ready-to-wear dengan komposisi 40% rayon, 60% cotton dan polymix, 35% rayon, dan 65% polyester yang tidak mudah kusut dan lembut.

 

Selanjutnya, Oline Workrobe memamerkan sebuah koleksi bernama “NISKALA” yang nyaman dipakai sehari-hari dengan desain konstruktif nan modern serta bermain dengan tekstur, warna kontras, dinamis, dan stylish. Koleksi ini dihadirkan untuk mendukung gerakan sustainable fashion dan meminimalkan limbah produksi fashion dengan memanfaatkan kembali bahan sisa produksi untuk koleksinya.

 

 

Kemudian, BT Batik Trusmi yang mempersembahkan sebuah koleksi “Sejati Bersanding” dengan latar belakang perjuangan seorang putri bernama Ong Tien yang menggadaikan kemewahan yang dimilikinya untuk bertemu sang pujaan hati, Sunan Gunung Jati. Perjalanan cinta tersebut menyajikan gambaran akulturasi budaya yang kemudian dituangkan dalam sebuah koleksi batik. Memberikan nuansa kemewahan dalam bentuk desain dan warna yang menawan.

 

Selain ketiga brand di atas, hadir pula Geulis melalui koleksinya “Bloom Refresher Spring Summer 2023” dengan desain modern dan dinamis yang menggunakan lyocell APR. Melalui koleksi ini, Geulis menampilkan baju layering, celana panjang, dan setelan statement. Lalu, koleksi “Shape & form” milik everyday turut tampil di JFH yang terinspirasi dari suasana perkotaan seperti gedung pencakar langit, stasiun, hingga lanskap district business yang modern dan gambaran pemukiman padat.

 

Elly | Foto: Dok. APR